Ekbis

12 Produk UMKM Ponorogo Naik Kelas

Ponorogo (beritajatim.com) – Awal baru untuk kemajuan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) bumi reyog. Sebab, ada belasan produk UMKM saat ini sudah masuk di salah satu toko modern. Berhasil masuknya produk tersebut tidak lepas dari kerjasama toko modern tersebut dengan Pemkab Ponorogo dalam hal ini Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Perdakum).

“Alhamdulillah, ditandai hari ini ada 12 produk UMKM kita masuk Indomaret, awal yang bagus unguk kemajuan UMKM di Ponorogo,” kata Plt. Bupati Ponorogo Soedjarno usai melakukan launching produk di gerai toko modern di jalan Jend. Gatot Subroto Kelurahan Brotonegaran, Jumat (23/10/2020).

Soedjarno menyebut 12 produk tersebut terdiri dari aneka makanan dan minuman. Ke depan diharapkan bisa merambat ke produk yang lainnya. Dia mengungkapkan masih banyak produk UMKM di Ponorogo yang kualitas dan packingnya bagus. Namun, harus bisa bersabar untuk bisa masuk ke toko modern. Mulai perizinan usahanya sampai pada sertifikasi halal produk tersebut.

“Adanya kerjasama yang terjalin ini, saya berharap semua saling memperhatikan, saling mendukung. Toko modernnya semakin maju begitu juga pelaku UMKM-nya,” katanya.

Sementara itu Arfan Affandi, manager developer Indomaret wilayah Jatim mengungkapkan kerjasama ini sebagai upaya mengembangkan perekonomian daerah. Sebab, pihaknya juga punya kewajiban untuk memajukan perekonomian. “Kami ingin maju bersama di masa pandemi ini. Kami juga ingin ada suport dari UMKM supaya kami kuga tetap bisa survive,” katanya.

Dari 34 produk yang disodorkan, masih ada 12 produk yang di display di tokonya. Sisanya, kata Arfan masih akan memenuhi kelengkapannya. Saat ini 12 produk itu dipasarkan di 20 gerai toko modern di Ponorogo. Terkait pembagian keuntungannya, Arfan menyebut full untuk pelaku UMKM. Pihaknya hanya membantu pemasaran.

“Space display untuk produk UMKM ini kami bilang Golden space. Jadi letaknya strategis, begitu masuk toko kami, konsumen langsung bisa melihat produknya,” pungkasnya. (end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar