Ekbis

12 Mahasiswa dan 24 Pelajar Asal Gresik Terima Beasiswa Bestro

Gresik (beritajatim.com) – Pandemi Covid-19 yang belum berakhir hingga sekarang tak menyurutkan niat 12 mahasiswa dan 24 pelajar asal Gresik yang mempunyai prestasi terus meningkatkan proses belajarnya. Mahasiswa serta pelajar asal Gresik tersebut tetap bersemangat mengejar cita-cita dan impiannya karena dibantu Beasiswa Petro (Bestro) full cover senilai Rp 1,7 miliar.

Salah satu mahasiswi berprestasi yang mendapat beasiswa, Ika Fauzi (18) mengaku bersyukur dirinya mendapatkan beasiswa pendidikan Bestro full cover.

“Saya dari keluarga kurang mampu yang tidak bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi karena ketiadaan biaya. Alhamdulillah adanya bantuan Bestro ini sangat membantu orang-orang seperti saya,” tutur mahasiswi Teknik Lingkungan ITS itu, Kamis (21/01/2021).

Hal senada juga dikemukakan Solichanul Hakim Al Farizi (17), siswa SMK PGRI Gresik, yang juga menjadi salah satu penerima Bestro. Menurutnya dengan bantuan beasiswa ini menjadi penyemangat untuk menyelesaikan sekolah dengan hasil yang bagus.

“Saya berharap bisa lebih berprestasi dan bisa berkarya lebih banyak lagi,” ujar pemuda dengan puluhan prestasi di bidang robotik ini.

Proses seleksi penerima beasiswa ini berbeda sebelum ada pandemi Covid-19. Sebab, perusahaan memberlakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Sehingga, seleksinya dilakukan secara online hingga acara penandatanganan perjanjian yang dibatasi jumlah pesertanya.

Sementara seleksi beasiswa pendidikan S1 dan pendidikan SMA untuk Bestro 2020 dimulai dari sosialisasi pada bulan Oktober 2020 di seluruh SMA yang berlokasi di Kecamatan Gresik, Kebomas, Manyar dan Cerme.

“Melalui program ini, kami berharap dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar melalui dunia pendidikan, sehingga mampu berkontribusi lebih baik bagi keluarga, masyarakat, dan bangsa,” kata Dirut Petrokimia Gresik (PG) Dwi Satriyo, Kamis (21/01/2021).

Ia menambahkan, bantuan ini semakin tepat diberikan saat ini mengingat banyak keluarga terdampak secara ekonomi akibat pembatasan aktivitas karena wabah Covid-19. Bahkan di Gresik saat ini masih menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Adapun rincian bantuan CSR Bestro 2020 adalah Rp1,16 miliar untuk jenjang S1 yang diberikan bertahap hingga tahun 2024, dan Rp540 juta untuk jenjang SMA/SMK sampai dengan kelulusan atau hingga tahun 2023.

Para penerima bantuan ini, adalah mahasiswa dan pelajar berprestasi dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang berada di sekitar perusahaan. [dny/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Coba Yuk, Snack Berlumur Saus Hummus

Rela Tinggalkan Dokter Spesialis

Ngobrol dengan Komunitas Berbagi di Surabaya