Ekbis

Lahan Pertanian di Jombang

1.069 Hektar ‘Dipanen’ Tikus, 600 Hektar Diserang Wereng

Lahan padi di Kecamatan Tembelang yang mengering karena serangan hama wereng

Jombang (beritajatim.com) – Hama wereng yang menyerang lahan pertanian di Jombang semakin meluas. Dinas Peternakan setempat mencatat, lahan yang terserang itu mencapai 600 hektar. Data tersebut mulai Januari – Agustus 2020.

Demikian diungkapkan Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab usai menghadiri penyerahan bantuan alsintan (alat mesin pertanian) di halaman GOR (Gelanggang Olahraga) KH Hasbullah Said PPBU (Pondok Pesantren Bahrul Ulum) Tambakberas, Sabtu (29/8/2020).

“Memang serangan hama di Jombang sangat meresahkan petani. Hingga saat ini ada 1.069 hektar lahan yang diserang tikus, sedang untuk hama wereng seluas 600 hektar. Kami sudah turun ke lapangan. Kita juga menyiapkan obat pembasmi hama tersebut,” kata Mundjidah.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian Jombang Priadi menambahkan, meski serangan hama tersebut sangat hebat, namun pihaknya meyakini hal itu tidak akan menurunkan produksi padi di Jombang. Pasalnya, serangan hama tersebut tidak merata.

“Yang paling para di Kecamatan Tembelang. Jadi, akibat hama tersebut tidak akan banyak menurunkan hasil produksi pertanian. Apalagi petugas kami di lapangan juga sudah terjun ke masyarakat untuk melakukan pengendalian hama,” pungkas Priadi. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar