Berita Redaksi

Wartawan beritajatim.com Raih Juara Lomba Fotografi

Foto hasil karya wartawan beritajatim.com berjudul "Berjalan Mengawal Generasi" yang berhasil menjadi juara

Banyuwangi (beritajatim.com) – Rindi Suwito wartawan beritajatim.com wilayah Banyuwangi – Situbondo berhasil meraih juara dalam Lomba fotografi yang diselenggarakan oleh PT Bumi Suksesindo (PT BSI). Foto berjudul “Berjalan Mengawal Generasi” itu terpilih bersama lima foto terbaik yang diumumkan oleh dewan juri.

Yusi Avianto Pareanom, Manajer Communication Affairs PT BSI menyebut, lomba ini bagian dari sambung komunikasi dan silaturahmi sekaligus penghargaan bagi insan wartawan di Banyuwangi. Ia menyebut, lomba fotografi bertema human interest Paseduluran Banyuwangi ini bukan sekedar kegiatan biasa.

“Kita pilih foto yang benar-benar layak disajikan, yang memiliki nilai dan berkaitan erat dengan tema yang ditentukan,” katanya.

Sementara itu, Budi Candra Setya juri foto menjelaskan beberapa catatan. Memfoto bukanlah sekadar tindakan menangkap objek-objek. Fotografi, khususnya human interest membutuhkan lebih dari itu. Fotografer harus mampu menemukan hal paling esensial di dalam proses pemotretannya, ialah menemukan cerita.

“Satu gambar bernilai ribuan kata dalam fotografi, setiap orang membutuhkan alasan kuat untuk terpikat dengan sebuah foto. Seorang fotografer, karena menginginkan fotoya memikat, harus mampu menampilkan gambar yang berbicara,” ungkapnya.

Khusus pada human interest, kata Budi Candra, setiap fotografer harus menawarkan hal menarik sesuai sudut pandang kepada penikmat fotonya. Point of interest nya harus jalas. Komposisi seimbang. Dan, bercerita.

“Foto-foto yang dihasikan tidak saja harus bagus, tapi juga harus sesuai dengan kebutuhan penyelenggara. Di antara 33 foto yang kami nilai, kami menemukan ada sejumlah foto yang berpotensi memikat, tetapi gagal memenuhi ekspektasi,” terangnya.

Selanjutnya, kata Fotografer kantor berita Antara ini, dirinya bersama juri lain Ramada Kusuma dari Radar Banyuwangi dan tim PT BSI memilih foto tersebut dengan kesesuaian tema dan kriterianya. Dari jumlah yang ada, terpilih 5 foto.

“Kami menilai berdasarkan beberapa kriteria dan kita bisa dua kelompok besar. Pertama, mutu foto, yang mencakup antara lain teknik pengambilan, komposisi, dan kualitas gambar. Kedua, kesesuaian dengan tema,” terangnya. [suf]

Berikut 5 hasil karya foto yang terpilih:

1. Rindi Suwito (beritajatim.com), “Berjalan Mengawal Generasi”.

2. Budi Wiriyanto (Bisnis Surabaya), “Perayaan Kuningan Tembokrejo, Muncar, Banyuwangi”.

3. Fredy Rizki Manunggal (Radar Banyuwangi), “Senam Bebas Korona Licin, Banyuwangi”

4 Enot Sugiharto, (Kompas TV), “Barrier Polisi Menjadi Jendela Rezeki.

5. Rendra Des Kurnia, (sinergijatim.com), “Hand Sanitizer Pantai Cacalan”.





Apa Reaksi Anda?

Komentar