Berita Redaksi

Redaktur Pelaksana Beritajatim.com Beri Pelatihan Jurnalistik di Ngawi

Teddy Hendrawan Ardianto saat menjadi narasumber utama dalam pelatihan bimtek desa bertema "Membangun Citra Desa Berbasis SID" di Ruang Kresna Notosuman, Ngawi, Selasa (10/11/2020).

Ngawi (beritajatim.com) – Redaktur Pelaksana media online Beritajatim.com Teddy Hendrawan Ardianto menjadi narasumber utama dalam pelatihan bimtek desa bertema “Membangun Citra Desa Berbasis SID” di Ruang Kresna Notosuman, Ngawi, Selasa (10/11/2020).

Agoest Dedy Irawan Kabid Layanan E-Government Diskominfo Ngawi mengatakan, pelatihan diikuti oleh 74 desa terpilih dari 213 desa di Ngawi. Tujuannya untuk melatih operator desa dalam membangun citra desa dan mempublikasikan melalui website.

“Kami mengucapkan terimakasih atas partisipasi, dan keaktifannya mempromosikan desa melalui website dengan informatif, inovatif dan inspiratif,” ujar Agoest dalam sambutannya.

Sementara itu, Teddy selaku narasumber utama memaparkan strategi bagaimana membangun citra desa dan informasi desa dengan sudut pandang jurnalistik. Untuk membangun citra perlu reputasi, salah satu caranya dengan menciptakan wacana melalui media.

“Wacana kemudian dibangun menjadi persepsi untuk menggambarkan situasi kondisi desa, untuk mengabarkan hal-hal positif terhadap masyarakat,” kata Teddy.

Ia menambahkan, sistim informasi desa menjadi ujung tombak dari pemerintahan dari tingkat pusat hingga kabupaten. Ini sangat penting untuk operator, untuk memberikan informasi yang sesuai dengan standar jurnalistik kepada masyarakat.

“Berita itu harus standar jurnalistik, perlu akurasi dan keseimbangan agar seusai dengan Undang-undang Pokok Pers,” ujar pria asli Ngawi ini.

Ia berharap, setiap desa mampu menjadi pelopor, menjadi inspirasi terhadap masyarakat dan masyarakat bisa memahami program dari desa. Agar bisa menjalankan program tersebut sesuai kodisi desa masing masing.

“Selamat menjadi citizen journalist atau jurnalis warga,” tutup Teddy. [asg/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar