Berita Redaksi

Menulis Feature, Menghidupkan Panca Indera

Wartawan beritajatim.com saat menyampaikan materi

Jombang (beritajatim.com) – Menulis feature itu bukan sekadar menyusun kalimat. Tapi juga harus bisa memantik emosi pembaca. Caranya dengan menggunakan deskripsi lima panca indera. Sehingga pembaca bisa melihat sesuatu, mencium baunya, merasakan persentuhan, mendengar bunyi, dan mencecap rasa.

Demikian dikatakan wartawan beritajatim.com, Yusuf Wibisono, saat menyampaikan materi teknik menulis feature di depan para peserta pelatihan, Rabu (13/1/2021) di Kantor Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Jombang.

Pelatihan tersebut digelar oleh Baznas. Pesertanya juga para relawan Baznas yang selama ini mengelola Buletin Berbagi. Acara berlangsung dengan gayeng selama kurang lebih tiga jam. Yusuf memaparkan secara panjang lebar tentang tulisan feature/soft news atau tulisan gaya bertutur.

Sementara, sedikitnya 15 peserta menyimak pemaparan tersebut dengan seksama. Menurut Yusuf, feature merupakan salah satu jenis berita. Tulisan ini lebih halus, mendalam, serta mengedepankan human interest. Tulisan ini tidak terikat dengan teori piramida terbalik.

“Makanya, keterampilan mendeskripsikan sesuatu sangat dibutuhkan oleh penulis feature. Bukan hanya deskripsi menggunakan penglihatan. Tapi juga pendengaran, penciuman, rasa. Dengan begitu, pembaca bisa terpantik emosinya. Misalnya, kita menulis tentang kuliner, pembaca bisa merasakan pedasnya masakan hanya dengan membaca,” kata Yusuf.

Yusuf juga menjabarkan teknik-teknik lainnya. Semisal, bagaimana memulai sebuah tulisan, kemudian mengawali paragraf pertama, serta membuat penutup berita yang manis. “Namun yang terpenting lagi, menulis itu harus sering dicoba. Harus sering dilatih. Ibarat batu akik, kalau sering digosok maka semakin mengkilat,” sambungnya.

Di akhir materi, Ketua PWI Jombang periode 2013-2016 ini memberikan tugas ke peserta sebagai bahan evaluasi. Masing-masing peserta diminta menuliskan deskripsi visual (penglihatan) suatu tempat sebanyak satu paragraf.

Setelah selesai dan dievaluasi, peserta diminta menambahi tulisan yang sudah dibuat itu dengan deskripsi suara sebanyak satu paragraf lagi. Begitu seterusnya hingga deskripsi lima panca indera semuanya lengkap.

Tim Media Baznas Kabupaten Jombang Rahmat Soelarso Nh mengatakan, selama ini Baznas memiliki buletin yang terbit setiap bulan. Nah, untuk memperkuat skill kepenulisan, makan pihaknya menggelar pelatihan tersebut.

“Selain materi soal feature, kami juga mendatangkan dua pemateri lainnya. Yakni, soal fotografi dan videografi. Nah, para peserta inilah yang mengelola buletin milik Baznas Jombang,” ujar Rahmat usai acara. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar