Berita Redaksi

Jurus Merangkul Audiens: Bangun Komunikasi dengan Pembaca

Webinar yang digelar beritajatim.com dengan tema Jurus Merangkul Audiens.

Sumenep (beritajatim.com) – Keterlibatan pembaca menjadi salah satu unsur penting kesuksesan media online. Hal tersebut diungkapkan Mellysa Widyastuti dari Ayo Media Network, dalam webinar yang digelar beritajatim.com dengan tema Jurus Merangkul Audiens.

“Karakteristik ‘online jurnalism’ itu interaksi dengan pembaca. Jadi memang harus bener-bener membangun komunikasi dengan audiens,” katanya, Senin (05/04/2021).

Menurutnya, kondisi seperti sekarang ini mengharuskan media online melek sosial media (sosmed). Ia meyakini, media online vs sosmed berikatan.

“Kita bisa tahu topik apa yang ramai diperbincangkan melalui twittwer, IG, maupun sosmed lain. Bahkan kita juga bisa menemukan nara sumber melalui komen-komen pihak berwenang di sosmed. Beda media online dengan sosmed itu pada kaidah penulisan dan etika jurnalistik,” paparnya.

Ia menyarankan agar media online fokus pada kebutuhan audiens. Plattform apa yang digunakan, apakah youtube, twitter, FB, atau IG. Selain itu, mencermati apa masalah dihadapi audiens, dan apa yang bisa ditawarkan sebagai solusi.

“Kalau media online mampu melakukan itu, maka akan meraup pembaca atau audiens yang besar,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, saat ini terlihat ada pola perubahan masyarakat dalam mengkonsumsi media. Meski tertinggi masih dikuasai televisi, namun perkembangan media digital cukup pesat.

“Kalau ditotal, media digital ini menguasai 64,5 persen. Tertinggi kedua setelah televisi. Yang paling dicari itu info terkini, lifestyle, politik, dan ekonomi. Kalau ingin audiens tertarik pada konten, ya visualnya tentu saja harus menarik,” ucapnya. [tem/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar