Iklan Banner Sukun
Berita Redaksi

Jurnalis Beritajatim.com Juara I LKTW Pemprov, Trisnadi Luncurkan ‘Ibu’

Rahardi Soekarno Junianto wartawan beritajatim.com menerima hadiah dari gubernur jatim

Surabaya (beritajatim.com) – Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menyerahkan penghargaan kepada para pemenang Lomba Karya Tulis Wartawan (LKTW) Pemprov Jatim 2021 serta pemenang Lomba Foto Jatim Bangkit di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (16/11/2021) malam.

Sebagai Pemenang Juara I LKTW adalah Rahardi Soekarno Junianto (beritajatim.com). Ini merupakan kemenangan keempat di ajang yang sama bagi jurnalis yang akrab disapa Antok ini. Pada tahun 2013, Antok Juara Harapan I. Kemudian, pada tahun 2015 dan 2016, dua tahun berturut-turut Antok meraih Juara I LKTW Pemprov Jatim.

Sebagai Juara II adalah Sarifah Aini (lensaindonesia.com), Juara III Laili Yuana (timesindonesia.co.id), Juara Harapan I Achmad Faizal (kompas.com), Juara Harapan II Faizal Falakki (Duta Masyarakat) dan Juara Harapan III Dwi Arifin (kempalan.com).

Sedangkan untuk pemenang Lomba Foto Jatim Bangkit adalah Juara I Harfi Yulian Bimantara, Juara II Abdullah Munir, Juara III Ivu Fajar Samsumar, Juara Harapan I Wahyu Budianto, Juara Harapan II Cakra Satria Bimantara dan Juara Harapan III Muhammad Mada Dwi Pradana.

Fotografer Senior Trisnadi Marjan memberikan buku kepada Khofifah

Dalam acara yang sama, juga diluncurkan sebuah buku berjudul ‘Ibu’ karya Fotografer Senior Trisnadi Marjan dan Fatimatuz Zahroh (Ima). Buku ini dipersembahkan kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa atas dedikasinya menjadi pemimpin publik.

 

Trisnadi mengatakan, awal mula dirinya membuat buku tersebut pada pertengahan tahun 2020. Ia banyak mengumpulkan foto Khofifah sejak menjabat sebagai Mensos RI (2014-2017).

“Setahun lalu, foto saya kumpulkan, ada ratusan ribu foto Bu Khofifah, sejak dari Mensos sampai 2 tahun lebih menjabat Gubernur Jatim,” kata Trisnadi.

Trisnadi mengaku, dalam menyusun buku tersebut, ia melibatkan fotografer senior Surabaya lainnya yakni Eric ‘Ireng’ Siswanto untuk memilih foto-foto terbaik. Selain itu, Trisnadi juga meminta tolong kepada Ibu Sinta Nuriyah Wahid (istri Alm Gus Dur) untuk menuliskan kata pengantar dalam buku tersebut.

“Saya juga terima kasih kepada Bu Sinta Wahid yang telah menyempatkan menulis kata pengantar dalam buku ini. Bu Sinta bisa menyempatkan menulis, dan saya terharu,” ujar Trisnadi.

Trisnadi menceritakan satu momen yang tak terlupakan saat memotret Khofifah di Puncak Jaya, Papua pada tahun 2015. Saat itu, Khofifah yang menjabat Mensos RI tengah kunker di Kabupaten Puncak Jaya, Distrik Mulia.

“Salah satu momen di buku tersebut saat Bu Khofifah mengunjungi Puncak Jaya, saat suasana konflik KKB memanas saat itu. Saat itu, Bu Khofifah yang masih menjabat sebagai Mensos diizinkan dua jam di daerah itu oleh Pak Kapolda dan Pak Pangdam, dan Bu Khofifah merupakan menteri pertama setelah Indonesia Merdeka 70 tahun yang mendatangi lokasi tersebut,” katanya.

Trisnadi menambahkan, dalam proses pembuatan buku tersebut juga melibatkan penulis di Yogyakarta dan Surabaya.

Gubernur Khofifah berterima kasih atas pembuatan buku tersebut. Ia juga mengapresiasi insan jurnalis yang terus berkarya di tengah pandemi Covid-19, dan menjadi pemenang LKTW maupun Lomba Foto Jatim Bangkit.

“Tugas media adalah luas, mulai di sektor seni, hukum, politik dan seterusnya. Tugas berat, dari tugas itulah teman-teman berproses, dari seluruh proses ini, mudah-mudahan mencerdaskan, serta menjernihkan bangsa. Terima kasih semua kepada rekan media, insan-insan media di Indonesia khususnya di Jatim,” pungkas Khofifah. (tok/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati