Iklan Banner Sukun
Berita Redaksi

Beritajatim.com : Kembali Menyapa dari Beranda Sederhana

Surabaya (beritajatim.com) – Terhitung sejak Kamis (2/12/2021) lalu server kami down. Ada problem teknis yang muncul sejak Gedung Cyber 1 di Mampang, Jakarta Selatan, terbakar.

Data website kami baik-baik saja. Apalagi upaya pemadaman yang melibatkan 100 personel dan 22 unit mobil pemadam di lokasi bekerja optimal, sehingga api dipadamkan dalam waktu 30 menit.

Masalahnya, listrik dan jaringan dalam gedung tetap mati. Sehingga web tidak bisa diakses dengan baik. Di kantor, awak redaksi, marketing, tim IT, dan kawan-kawan yang lain, sibuk mengatur strategi.

Hasil diskusi singkat, kami tetap hadir dengan melakukan forwarding URL dari beritajatim.com ke kabar.beritajatim.com. Tanggal 3 Desember pukul 13.04 WIB, berita pertama ‘Vaksinasi Dosis Pertama 71 Persen, Khofifah: Terima Kasih Sinergi Seluruh Elemen Masyarakat’ muncul. Rahardi J Soekarno, reporternya, bergerak cepat dengan menyebar link lewat grup WA dan media sosial.

Berturut-turut berita lain bermunculan. Dalam waktu 24 jam website kami kembali tayang. “Komitmen kami saat itu, sebagai sebuah institusi media, kami harus bergerak mengabarkan informasi pada masyarakat, khususnya pembaca setia beritajatim.com,” kata Dwi Eko Lokononto, Pimpinan Redaksi Beritajatim.com, Rabu (8/12/2021) pagi ini.

Di luar itu, lanjut Lucky, panggilan akrabnya, beritajatim.com juga menjaga komitmen agar semua iklan, baik banner maupun advetorial bisa tetap tayang sesuai kesepakatan dengan kolega dan mitra bisnis.

“Alhamdulillah, semua berjalan cukup baik. Traffic dari laman kabar.beritajatim.com sama besar dengan web utama yang untuk sementara tidak bisa diakses. Artinya respons pembaca tidak berubah,” tambahnya.

“Dan hari ini, kami kembali di beranda rumah lama. Meski ada problem akses, skalanya kecil. Semoga insiden ini tidak terjadi lagi,” kata Lucky.

Untuk pembaca yang masih kesulitan mengakses website beritajatim.com, bisa melakukan langkah-langkah pembersihan cache dengan menggunakan menu di browser. Misal pengguna Mozilla bisa dimulai dengan clear history, lalu centang semua pilihan kecuali active logins, form and search history, dan site setting.

Pengguna chrome, manfaatkan tool clear browsing data setelah klik setting. Sama dengan Mozilla, jangan dicentang bagian password. (hdl)


Apa Reaksi Anda?

Komentar