Iklan Banner Sukun
Berita Redaksi

Beritajatim.com Jadi Pembicara Konvensi Nasional Media Massa HPN

Konvensi Nasional Media Massa Hari Pers Nasional di Kendari Sulawesi Tenggara

Kendari (beritajatim.com) – Pemimpin Umum sekaligus Pemred beritajatim.com, Dwi Eko Lokononto yang akrab disapa Luki tampil di even nasional, yakni sebagai pembicara Konvensi Nasional Media Massa Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara. Acara akan berlangsung di Ballroom Phinisi, Hotel Claro Kendari.

Luki akan mengisi sesi kedua pada hari kedua Konvensi Nasional Media Massa HPN, Selasa (8/2/2022) pukul 13.00-15.00 WITA.

Luki akan membawakan topik ‘Menyeimbangkan Orientasi Bisnis dan Orientasi Jurnalistik, Pengalaman Nyata Media Massa’. Luki tampil bersama tiga pembicara lainnya, yaitu Roberto A.M. Purba (CEO Ayo Media Network), Dahlan Dahi (CEO Tribun Network) dan Edi Prasetyo (Manajer Produksi Radio Suara Surabaya). Acara sebelumnya dibuka oleh Menkominfo Johny G Plate sebagai Keynote Speech dan pengantar diskusi.


Konvensi Nasional Media Massa HPN dibuka hari pertama pada Senin (7/2/2022) hari ini di Hotel Claro Kendari secara hybrid.

Sambutan selamat datang disampaikan Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi. Kemudian, dilanjutkan sambutan Ketua PWI Pusat Atal S Depari sebagai penanggung jawab HPN dan Ketua Dewan Pers Prof M Nuh. Wapres RI KH Ma’ruf Amin akan menjadi Keynote Speech secara online.

“Beritajatim mengucapkan terima kasih kepada Dewan Pers yang telah mengundang beritajatim.com menjadi pembicara dalam membangun media massa berkelanjutan dalam rangka Hari Pers Nasional Tahun 2022 di Kendari,” kata Luki, Senin (7/2/2022).

“Sejak awal didirikan 1 April 2006 lalu, DNA beritajatim.com mengkhususkan pemberitaaan di Jawa Timur,” imbuhnya.

Mengapa fokus di Jawa Timur? Menurut Luki yang juga anggota Badan Pertimbangan dan Pengawas AMSI Pusat ini, Jatim mempunyai potensi ekonomi yang hampir setara dengan DKI Jakarta. Tahun 2020, produk domestik regional bruto (PDRB) DKI mencapai Rp 2500 triliun, sementara Jatim mencapai Rp 2350 triliun.

“Jatim ini potensi ekonomi nomor dua setelah DKI Jakarta, dengan melihat hal tersebut kami percaya beritajatim.com akan tumbuh,” tegas Luki.

Selain potensi ekonomi, lanjut dia, tentunya faktor politik dengan 38 kabupaten/kota yang menggelar pemilihan mulai legislatif, pemilihan bupati dan pemilihan gubernur juga menjadi potensi bagi beritajatim.com.

“Kami pada awal berdirinya dibantu juga dengan munculnya momentum semburan Lumpur Lapindo di Sidoarjo pada 29 Mei 2006,” katanya.

Selain itu, juga ada kontestasi menjelang Pemilihan Gubernur Jatim pada 2008 yang dua tahun sebelumnya sejumlah partai politik sudah memanaskan mesin untuk pertarungan lima tahunan ini.

Namun, tentunya yang lebih dari itu, beritajatim.com didirikan oleh sejumlah punggawa yang berasal dari media cetak.

“Pendiri-pendiri beritajatim.com dulunya wartawan media cetak. Jadi, kami memindahkan jurnalisme media cetak yang punya disiplin verifikasi, cover both side dan konfirmasi ke platform media online beritajatim.com,” tukasnya.

Konvensi Nasional Media Massa HPN 2022 akan mengambil tema ‘Membangun Model Media Massa Yang Berkelanjutan’. Konvensi ini merupakan upaya untuk memetakan capaian, tantangan, permasalahan yang dihadapi industri media dalam membangun model bermedia di era disrupsi.

Model bermedia di sini dalam pengertian model jurnalistik maupun model bisnis media. Konvensi Nasional mengundang tokoh pers, pemimpin media, pemerintah, asosiasi media, asosiasi wartawan dan diharapkan akan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi tentang model bermedia yang berkelanjutan dan kondusif untuk perwujudan jurnalisme yang beretika dan berkualitas.

Konvensi ini diharapkan menyentuh tiga hal fundamental yang saling terkait, yakni jurnalisme yang dikembangkan, model bisnis yang dijalankan dan teknologi distribusi konten dan periklanan yang diterapkan. (tok/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev