Berita Redaksi

Beritajatim Award, Penghargaan Pertama Era Bupati Karna Suswandi

Penyerahan penghargaan untuk Bupati Situbondo Karna Suswandi

Ayat-ayat Alquran terdengar dilantunkan dari aula Pendapa Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Senin (19/4/2021) malam, saat Karna Suswandi menerima rombongan beritajatim.com. “Masuk saja ke dalam,” katanya, tersenyum.

Pria yang baru saja terpilih menjadi bupati dalam Pemilihan Kepala Daerah 9 Desember 2020 itu menyalami satu demi satu Direktur Utama PT Beritajatim Cyber Media Ainur Rohim, Pemimpin Umum dan Pemimpin Redaksi Dwi Eko Lokononto, Direktur Usaha Saptini Darmaningrum, dan redaktur senior Hendro D. Laksono.

Ainur yang juga Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Jawa Timur mengatakan, Pemerintah Kabupaten Situbondo mendapat penghargaan dari Beritajatim.com untuk pengelolaan media sosial pemerintah daerah terbaik, bersama Kabupaten Banyuwangi, Kota Surabaya, Kota Malang, Kabupaten Tuban, Blitar, Bojonegoro, Lumajang, Pacitan, dan Sidoarjo.

Penganugerahan penghargaan ini dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-15 Beritajatim.com. “Kami akan upayakan dilakukan rutin setiap tahun,” kata Ainur.

Penghargaan ini adalah penghargaan pertama berdasarkan penilaian dari kinerja era pemerintahan Bupati Karna Suswandi. Penilaian ini dilakukan oleh sebuah tim independen. “Kami tidak ikut campur atau intervensi,” kata Lokononto.

Lokononto memuji kinerja Pemerintah Kabupaten Situbondo dalam bidang media sosial. “Partisipasi publik mungkin akan menggerakkan lebih cepat perkembangan Situbondo, terutama dalam industri pariwisata,” katanya.

Bung Karna, sapaan Karna Suswandi, berterima kasih terhadap penilaian tersebut. “Apapun itu, media sosial yang dimiliki Pemkab Situbondo bukan sesuatu yang dibuat-buat. Itu berjalan alamiah. Ketika saya berkegiatan di lapangan, mengunjungi jembatan putus dan lain sebagainya, itu kan hanya kewajiban bupati untuk hadir di tengah masyarakat ketika mereka mengalami bencana. Tentu merupakan kewajiban Humas dan Dinas Komunikasi Informasi untuk meliput itu,” katanya.

“Terima kasih kalau ini dianggap yang terbaik. Ini akan menjadi sebuah motivasi baru, energi baru bagi kami untuk bisa meningkatkan daya saing dalam menggunakan media sosial ke depan,” kata Karna.

Karna memiliki grup media sosial ‘Madul Bupati’ atau ‘Mengadu kepada Bupati’. “Segala sesuatu yang diinginkan masyarakat bisa dituangkan dalam grup Facebook itu. Pemerintah siap menjawab segala sesuatunya. Yang bisa kami tindaklanjuti segera, maka dalam waktu cepat kami akan tindaklanjuti. Ini wadah, sarana, bagi masyarakat yang melek media sosial untuk bisa berkomunikasi dengan pemerintah kabupaten,” kata Karna.

Karna membuka keran informasi tersebut agar masyarakat bisa memberi masukan. “Agar masyarakat bisa memberi solusi terbaik. Tentu yang sesuai peraturan perundang-undangan akan kami tindaklanjuti,” katanya.

Hendro menambahkan, media sosial Pemkab Situbondo adalah modal yang sangat baik untuk mendorong pembangunan. “Tentu saja kami berharap tradisi ini bisa dikembangkan Beritajatim.com ke depan. Salah satu tanggungjawab kami adalah ikut membangun ekosistem dunia digital. Harapannya setiap institusi membuat website dan media sosial sebaik mungkin,” katanya. [wir/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar