Iklan Banner Sukun
Berita Redaksi

10 Finalis Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup Jatim 2022 Pamer Projek di Beritajatim.com

Finalis Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup berkunjung ke Beritajatim.com

Surabaya (beritajatim.com) – 10 Finalis Finalis Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2022 tingkat Sekolah Dasar menyambangi kantor beritajatim.com, Selasa (26/7/2022). Mereka ingin mengenal dan belajar mengenai seluk beluk dunia wartawan.

Selain itu, mereka juga ingin menginspirasi teman-teman lainnya agar peduli dengan lingkungan. Terlebih karena ajang bergengsi yang diadakan oleh Tunas Hijau dan pemerintah Kota Surabaya ini memang bertujuan untuk peduli pada lingkungan sekitar.

Para finalis ini disambut hangat oleh awak beritajatim.com. Di antaranya Ribut Wiyoto dan Ahmad Baiquni selaku redaktur, Fitri Yuliani, reporter beritajatim.com, Jelita Sondang Samosir, reporter pilar.id, dan Putra, fotografer.

Finalis Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup Berkunjung ke Beritajatim.com

Setidaknya ada 10 finalis yang menunjukkan hasil karya dan produk dari proyek yang dihasilkan. Di antaranya, Andrew Lonesta, dari SDN Ketabang 1 Surabaya.

Dalam proyek ini, Andrew memilih untuk budidaya tanaman binahong. Menurutnya, binahong memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk menyembuhkan luka. Ia pun menjadikan tanaman herbal ini sebagai produk makanan dan minuman.

Seperti halnya Andrew, Rayshiva Purnomo juga mengolah tanaman herbal untuk membuat berbagai macam jenis makanan dan minuman. Hanya saja, siswa SDN Dukuh Menanggal 1 tersebut lebih memilih budidaya tanaman sirih. Dengan tanaman ini, ia juga dapat membuat produk bestic atau betel antiseptik.

Adapun yang memilih untuk bididaya tanaman telang, seperti halnya yang dilakukan Revalina Fernanda. Siswi kelas lima dari SDN Tandes Kidul ini, menjelaskan bahwa banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari bunga telang, seperti menjaga kesehatan jantung, mengurangi stres, hingga mencerahkan kulit.

Para finalis Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup memamerkan projek mereka di kantor beritajatim.com

Sedangkat finalis Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2022, dari SDN Rungkut Menanggal 1 ada Muhammad Raka (Raka), Ni Luh GD KT Keyva Richie Valerina Atmaja (Keyva), dan Ni Luh Gede Reva Dealova Ventica Atmaja (Reva).

Jika Raka memilih proyek membudidayakan daun mint, dengan membuat produk minuman dan makanan berbahan dasar daun mint dan beberapa kombinasi jahe, jeruk lemon, dan biji salasih. Berbeda halnya dengan Keyva dan Reva.

Keyva lebih memilih membudidayakan tanaman lemongrass atau serai. Sedangkan Reva memanfaatkan tanaman rosella. Keduanya, mengolah tanaman herbal untuk minuman, makanan, sabun, hingga antiseptik.

Hampir sama dengan finalis sebelum-sebelumnya yang memanfaatkan tanaman herbal. Jesslyn Aurelia, siswi kelas 5, SDN ketapang 1 Surabaya ini juga memanfaatkan tanaman. Hanya saja Jesslyn memilih tanaman cincau untuk proyeknya.

Namun, tidak hanya berupa budidaya tanaman saja. Beberapa finalis lebih memilih untuk mengolah limbah. Seperti yang dilakukan, Bhre Bhawana. Siswa SDN pacar Keling 5 tersebut mengolah puntung rokok menjadi berbagai kerajinan tangan, seperti gantungan kunci, vas bunga, hingga lukisan.

Pula yang dilakukan Soraya Azzahra Wisanggeni dan Kevin Aditya Rakha. Siswa siswi asal SDN Margorejo 1 dan SDN Perak Barat tersebut memilih untuk memanfaatkan limbah di sekitar mereka.

Soraya memilih untuk mengolah kantong kresek, limbah dari laundry untuk dijadikan produk anyaman. Seperti, slimbag, totebag, hingga bros. Sedangkan Kevin mengumpulkan botol dan kaleng bekas untk dijadikan prakarya, seperti kotak pensil, hiasan dinding, hingga jepit rambut. [fyi/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar