Berita Migas

Warga Terdekat Jambaran East Dipastikan Aman Saat Tes Sumur Produksi

Bojonegoro (beritajatim.com) – Operator Lapangan Gas Jambaran Tiung Biru (J-TB) Pertamina Energi dan Produksi Cepu (PEPC) akan melakukan kegiatan well test atau tes sumur produksi Jambaran East pada awal September 2020 mendatang. Ada empat sumur produksi yang akan dites dari enam sumur yang ada.

“Dalam well test sumur dilengkapi sistem pengamanan lengkap. Kemungkinannya sangat kecil terjadi kebocoran, karena kandungan gas H2S itu akan terbakar semua. Jika sudah terbakar sempurna maka tidak berbahaya,” ujar Tim Rigless Operations PEPC, Mulyadi, Rabu (26/8/2020).

Selain itu, dalam sosialisasi yang dilakukan PEPC kepada sejumlah perwakilan warga setempat, di Balai Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro juga dijelaskan secara detail langkah-langkah yang telah disiapkan untuk kelancaran proses well test dan dampaknya. Termasuk bagaimana agar masyarakat sekitar tetap aman dan nyaman.

“Tim dari PEPC melakukan berbagai antisipasi untuk mencegah adanya dampak, baik langsung maupun tidak langsung dari kegiatan ini. PEPC telah berkoordinasi dengan berbagai pihak agar proses well test ini berjalan secara optimal dan aman,” terangnya.

“Proses well test nantinya akan dilakukan selama sembilan jam pembakaran, setelah itu akan dievaluasi dan seterusnya hingga lima hari,” tambahnya.

Sementara Kepala Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro Sapani mengungkapkan, jarak terdekat permukiman warga dengan Jambaran East sekitar 200 meter. Yakni di Dusun Pohwayang dan Dusun Bandung. “Paling dekat dengan pengeboran Jambaran East sekitar 200 meter di sebelah selatan,” terangnya.

Salah seorang warga yang hadir dalam sosialisasi adalah Saijan. Jarak rumahnya dengan lokasi pengeboran sekitar 500 meter. Dalam kesempatan itu, Saijan juga menanyakan bagaimana dampak yang ditimbulkan hingga penanggulangan saat melakukan well test. “Kalau suara bising kami sudah bisa mendengarnya,” ungkapnya.

Sekadar diketahui well test sendiri nantinya dilakukan dengan cara membersihkan sumur dari fluida non Hidrokarbon agar bisa dialirkan ke Fasilitas produksi. Well test bertujuan untuk memastikan kesiapan peralatan dan sumur agar bisa optimal beroperasi selama kurun waktu 16 tahun dan menghasilkan 310 MMSCFD.

Proyek Pengembangan Gas Lapangan Unitisasi Jambaran-Tiung Biru merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dilaksanakan oleh PT Pertamina EP Cepu. Pada April 2020 lalu, Proyek JTB telah berhasil menyelesaikan proses Completionnya pada pengeboran WellPad Jambaran East. [lus/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar