Berita Migas

Kilang GRR Tuban

Serap Tenaga Lokal, Pertamina Gelar Pelatihan Kerja

Tuban (beritajatim.com) – Sebagai tahap awal untuk pelaksanaan proyek pembangunan kilang minyak GRR Tuban, PT Pertamina (Persero) memberikan pelatihan kerja terhadap 111 warga dari lima desa yang ada di Kecamatan Jenu, yang merupakan warga sekitar lokasi kilang itu.

Pelatihan tahap awal untuk warga yang akan bekerja dalam proyek pembangunan kilang minyak Grass Root Refinery (GRR) Tuban dibuka langsung Bupati Tuban Fathul Huda. Mereka yang mendapatkan pelatihan itu nantinya langsung bekerja sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja di Pertamina (Persero).

Data yang dihimpun beritajatim.com, sebanyak 111 warga yang ikut dalam pelatihan tahap awal ini berasal dari lima desa sekitar pembangunan kilang yang ada di Desa Wadung, Kecamatan Jenu. Para peserta merupakan warga lulusan SMA dan SMK sederajat.

“Untuk tahap pertama ini yang mendapatkan pelatihan sebanyak 111 orang. Mereka dari lima desa yang ada di Kecamatan Jenu,” terang Vice President Project HSSE MPP Pertamina (Persero) Sahadi, Jumat (14/3/2019).

Dalam memberikan pelatihan, disesuaikan dengan kebutuhan tenaga kerja yang diperlukan dalam proyek. Untuk tahap pertama ini persiapan proyek kilang minyak GRR, Pertamina memberikan pelatihan di bidang Safetyman, Security, dan K3 Dasar.

“Strategi kita sekarang beda, mereka kita didik kemudian langsung kerja. Kita harapkan langsung bekerja di proyek, bukan di Pertamina-nya. Tapi untuk yang security akan bertahap dulu,” tambah Sahadi, setelah pembukaan acara.

Dari 111 orang itu terdiri dari pelatihan Safetyman (Pengawas Keselamatan) berjumlah 31 orang, peserta pelatihan Security (Tenaga Pengamanan) sejumlah 10 orang. Sedangkan peserta pelatihan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) dasar sebanyak 70 orang.

Pelatihan untuk warga desa sekitar kilang minyak itu merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap komunitas atau masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Apalagi saat ini, Pertamina sedang menyiapkan pembangunan proyek kilang GRR di Tuban yang sudah mulai ada tahapan perataan tanah.

Sementara Bupati Tuban menyampaikan bahwa pembangunan kilang di Tuban merupakan investasi yang dapat meningkatkan perekonomian Kabupaten Tuban, khususnya masyarakat sekitar kilang. Hal ini dapat dibuktikan dengan serapan tenaga kerja yang cukup banyak.

“Kami berharap Pertamina selaku pemilik kilang dapat memberikan pelatihan kepada SDM lokal untuk meningkatkan kemampuannya dan menjadi kompeten dalam bidangnya. Kami juga memberikan apresiasi kepada Pertamina karena telah menunjukkan komitmen kepada masyarakat sekitar,” ungkap Bupati Fathul Huda. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar