Berita Migas

Dukung Target Produksi Nasional

Warga Sambut Baik Sosialisasi Pengeboran Sumur Kasuari Emas di Lamongan

Tim Pertamina EP saat memberikan pemaparan pada sosialisasi kegiatan pengeboran Sumur Kasuari Emas, di Balai Desa Canggah Kecamatan Sarirejo, Selasa (27/7/2021).

Lamongan (beritajatim.com) – Pertamina EP Cepu Zona 11 Regional Jawa Timur melakukan sosialisasi mengenai rencana pengeboran sumur Kasuari Emas, di Balai Desa Canggah, Kecamatan Sarirejo, Kabupaten Lamongan, Selasa (27/7/2021) hari ini. Hal tersebut merupakan bagian dari upaya Pertamina EP Cepu dalam mendukung tercapainya target nasional produksi 1 juta barel minyak per hari yang ditetapkan SKK Migas.

Selain itu, kegiatan sosialisasi hari ini merupakan rangkaian tindak lanjut setelah dilakukannya audiensi dan penandatanganan berita acara terkait pelaksanaan sosialisasi kegiatan pengeboran Sumur Kasuari Emas KSE-001 di wilayah Kabupaten Lamongan Jawa Timur antara Perwakilan SKK Migas Jabanusa dengan Pemerintah Kabupaten Lamongan, pada Senin (26/7/2021) kemarin.

Deddy Syam, selaku General Manager Zona 11 Regional 4 Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina, dalam keterangannya menyatakan, kegiatan Kasuari Emas ini merupakan komitmen Pertamina dalam upayanya untuk terus melakukan kegiatan eksplorasi dalam mendukung target Produksi Nasional.

“Semoga kegiatan eksplorasi ini membuahkan hasil yang bagus, menemukan cadangan yang memenuhi syarat untuk diekspolitasi sehingga Pertamina bisa berkelanjutan beroperasi untuk memenuhi kebutuhan energi di Indonesia,” tutur Deddy Syam.

Selanjutnya, pada sosialisasi kegiatan pengeboran kali ini, ada sejumlah tokoh yang memberikan pemaparan, di antaranya Achmad Setiadi selaku Senior Officer Relations Pertamina EP yang memberikan paparan umum tentang rencana pengeboran di sumur Kasuari Emas. Lalu Agus Rusmaryanto selaku Asisten Manajer Drilling yang memberikan paparan teknis kepada Pemerintah Desa Beru, Canggah, dan Simbatan, juga kepada Camat, Koramil, dan Kapolsek setempat.

Saat sosialisi, Achmad Setiadi, Senior Officer Relations Pertamina EP yang juga Humas Relation dari PT Pertamina EP Asset 4 selaku pelaksana, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan pertama kalinya hulu migas melakukan eksplorasi di Lamongan. Pasalnya, terdapat banyak sekali peluang di Kabupaten Lamongan untuk dilakukan eksplorasi.

“Kami akan melakukan pengeboran sebagai salah satu kegiatan eksplorasi pada Agustus 2021 mendatang. Saat ini kami sedang menyiapkan lahan di lokasi tersebut,” ujar Achmad Setiadi.

Lebih jauh, pekerjaan eksplorasi ini akan melibatkan tenaga kerja lokal dari tiga desa, yakni Desa Beru, Desa Canggah, dan Desa Simbatan. Hal itu sesuai kesepakatan yang dibuat pada Kamis, (24/7/ 2021) lalu. Sehingga kebijakan Pertamina ini membuat pemerintah dan warga setempat mendukung penuh rencana eksplorasi tersebut. “Karena ini merupakan proyek negara, mari kita dukung bersama-sama,” kata Kepala Desa Canggah, Mulyono.

Hal senada juga diungkapkan oleh Camat Sarirejo, Harsono yang menuturkan bahwa kegiatan eksplorasi ini diharapkan nanti bisa memberikan manfaat yang lebih bagi warga Lamongan, utamanya masyarakat sekitar lokasi. “Kami berharap kegiatan eksplorasi ini berhasil, sehingga membawa dampak baik bagi masyarakat lamongan,” harap Harsono. [riq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar