Berita Migas

Tingkatkan Kehandalan SDM di Semua Lini, Pertamina Gelar Pelatihan Safety Driving

Surabaya (beritajatim.com) – Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) baik dari sisi Operasional maupun Non Operasional. PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) V – Jatimbalinus menggelar Defensive Driving, Service Excellent, Basic Fire Fighting & Basic First Aid Training kepada pengemudi kendaraan mobil operasional dari wilayah Pertamina MOR V.

Acara yang digelar selama 2 hari pada Sabtu dan Minggu di Kantor Pertamina MOR V ini merupakan bentuk komitmen Pertamina untuk memberikan pemahaman yang baik kepada semua lini SDM yang berada di Pertamina. Pasalnya, pengemudi kendaraan mobil operasional merupakan elemen yang tidak terpisahkan dari pekerjaan Pertamina dalam menjalankan bisnisnya baik dari hulu sampai ke hilir.

Sebanyak kurang lebih 80 pengemudi kendaraan mobil operasional ini diberikan pelatihan defensive driving dan service excellence. Defensive driving sendiri merupakan pelatihan untuk memberikan pemahaman kepada pengemudi bagaimana cara membawa kendaraan melewati lintas jalanan dan medan yang sulit, seperti jalanan yang licin ataupun bagaimana bereaksi dalam keadaan pecah ban ketika dalam perjalanan serta bagaimana caranya jika terpaksa melakukan pengereman mendadak.

Rustam Aji, selaku Unit Manager Communication & CSR MOR V – Jatimbalinus menyatakan bahwa pelatihan ini perlu dilakukan mempertimbangkan wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara memiliki kriteria medan yang berbeda di setiap wilayahnya. “Dengan adanya pelatihan ini, pengemudi kendaraan operasional dapat memahami medan yang dilewatinya sehingga memberikan sifat yang siaga dalam berkendara,” ujarnya.

Tidak hanya itu, para pengemudi kendaraan mobil operasional ini juga diberikan pelatihan mengenai service excellence, dimana para pengemudi ini diberikan pemahaman bagaimana cara melayani tamu atau penumpang dengan baik untuk memberikan pelayanan yang prima kepada tamu atau penumpang.

Selain itu, para pengemudi kendaraan operasional ini juga diberikan pelatihan Basic Fire Fighting & Basic First Aid Training. “Pelatihan ini penting untuk dilakukan jika suatu saat ditemukan situasi yang genting saat berkendara, para pengemudi ini dibekali pemahaman tersebut agar tahu bagaimana harus bereaksi ketika terjadi insiden atau kejadian yang tidak diharapkan”, tambah Rustam.

Sampai saat ini, Pertamina selalu memastikan aspek safety baik dari sisi operasional maupun non operasional. Dari sisi pengemudi kendaraan operasional, Pertamina juga membekali dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di setiap kendaraan sebagai bukti kesehatan dan keselamatan kerja merupakan sebuah budaya dari Pertamina dalam menjalankan setiap operasi bisnisnya.[rea/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar