Berita Migas

Tidak Hanya Pengeboran Minyak, Ada Satwa Tumbuh dan Berkembang Selaras

Bojonegoro (beritajatim.com) – Rusa Jawa sebagai hewan yang dilindungi perlu dijaga populasinya. Satu-satunya kawasan terlindungi bagi spesies tropis yang berasal dari Jawa dan Bali di Kabupaten Bojonegoro yakni berada di kawasan hutan Kecamatan Malo. Kawasan tersebut lokasinya tidak jauh dari pengeboran sumur minyak tua Wonocolo.

Pertamina EP Asset 4 Field Cepu sebagai pemilik wilayah pertambangan sumur tua di Desa Woncolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro memiliki komitmen menjaga kelestarian ekosistem hutan. Bekerjasama dengan KPH Parengan pada 2014 kemudian membuat program penangkaran rusa jawa.

Government and Public Relations Pertamina EP Asset 4 Cepu Field, Intan Anindita Putri mengatakan penangkaran Rusa Jawa itu awalnya hanya 10 ekor dan mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Berdasarkan data pada bulan Agustus 2017, jumlah Rusa Jawa yang terdapat di penangkaran Rusa Jawa KPH Parengan berjumlah 41 ekor.

“Jumlah tersebut terbagi menjadi 35 ekor di pekarangan dinas KBKPH Malo dan 6 ekor di lokasi Wana Wisata Prataan, Tuban,” ujarnya, Senin (11/11/2019).

Selain menjaga keragaman spesias hutan, kini penangkaran rusa tersebut juga telah membantu menambah pendapatan ekonomi masyarakat sekiar. Selain itu, pada 2018 sepuluh ekor Rusa Timor mulai dilepasliarkan di Hutan Taman Raya Raden Soerjo, Kabupaten Mojokerto. [lus/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar