Iklan Banner Sukun
Berita Migas

Terintergrasi ke Pertamina Call Center 135, PT PGN Tbk Gencar Sosialisasi

PGN Area Head Sidoarjo - Mojokerto, Mohammad Makki Nurudin saat pengecekan layanan jargas di Perumahan Griya Meri Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto.

Mojokerto (beritajatim.com) – PGN atau Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk merupakan salah satu BUMN yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi. Sebagai bagian transformasi layanan gas bumi, Contact Center Subholding Gas PT Pertamina (Persero), PT PGN Tbk terintegrasi ke Pertamina Call Center 135 (PCC 135).

Hal tersebut disampaikan PGN Area Head Sidoarjo – Mojokerto, Mohammad Makki Nurudin usai pengecekan layanan jaringan gas (jargas) di Perumahan Griya Meri Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto. “Selama ini, kami untuk pelayanan gangguan atau pelanggan butuh informasi ke 1500645. Per 1 Juli 2022, seluruh peralihan layanan ke PCC 135,” ungkapnya, Selasa (16/8/2022).

Masih kata Makki, jika ada gangguan maupun pelanggan membutuhkan informasi terkait jargas ke PCC 135. Baik gangguan kebocoran gas, tagihan atau informasi terkait PGN bisa ditanyakan ke PCC 135. Pelanggan akan diberikan penjelasan terkait keluhan yang disampaikan ke PCC 135 dan pelayanan petugas gratis.


“Pelayanan petugas free (gratis), tentu hanya untuk tenaga. Kalau ada penggantian material, tetap bayar. Penggolongan tarif jargas disesuaikan dengan klasifikasi pelanggan listrik, harganya Rp4.250 per kubik untuk pelanggan listrik 900 VA dan Rp 6.000 untuk 1.300 VA, tarif yang murah ini merupakan salah satu kelebihan jargas dibanding elpiji non subsidi,” katanya.

Sehingga, pihaknya meminta pelanggan membayar tagihan tepat waktu yakni mulai tanggal 6 sampai 20 setiap bulannya. Pelanggan yang terlambat membayar terancam dicabut layanan jargasnya. Selain itu, jika yang bersangkutan ingin membuka blokir atau mengajukan lagi, maka wajib memberikan jaminan.


“Jika pembayaran melebihi batas waktu, maka akan dicatat dalam daftar pelanggan yang wanprestasi sampai dilakukan penutupan jargas. Kalau sudah ditutup, mau membukanya akan dibebankan syarat jaminan sehingga mohon agar pelanggan membayar tagihan tepat waktu. Kelebihan lain jargas dibanding elpiji adalah dari faktor keamanan dan kenyamanan,” ujarnya.

Jargas aman karena berat massa gas lebih ringan daripada udara. Sehingga jika terjadi kebocoran maka gas akan naik ke atas jika ada ventilasi karena lebih ringan dari udara. Selain itu, lanjut Makki, kelebihan lainnya yakni nyaman dan ramah lingkungan. Program jargas PGN untuk mengurangi konsumsi elpiji yang masih disubsidi pemerintah.

“Jumlah pelanggan jargas di area Mojokerto dari program PGN maupun pemerintah sebanyak 14 ribu rumah tangga. Khusus tahun 2021, pelanggan baru sekitar 5.900 dan yang sudah terkativasi sebanyak 60 persen. Sehingga kelebihannya harga murah dibanding LPG tanpa subsidi, aman, ramah lingkungan dan nyaman,” paparnya.

Karena tinggal digunakan tanpa pasang regulator dan yang ditagih sesuai dengan yang digunakan. Sehingga pihaknya kembali mengingatkan kepada pelanggan yang sudah menggunakan jargas yakni program dari pemerintah yang saat ini banyak yang mendambahkan karena belum tentu direalisasikan oleh negara.

“Karena program ini perlu biaya yang cukup besar, mohon kiranya para pelanggan bisa membayar tepat waktu mulai tanggal 6 sampai tanggal 20. Harapan kami supaya tidak dilakukan penutupan dan tidak ada ketentuan selanjutnya, yakni dibebankan jaminan. Yang kedua, mohon kiranya jika ada gangguan, bocor terutama agar segera menghubungi PCC 135,” tegasnya. [tin/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev