Berita Migas

Target Produksi 235 Ribu BOPD, ExxonMobil Masih Tunggu AMDAL

Business Support Specialist SKK Migas Dimas Ario Rudhy

Bojonegoro (beritajatim.com) – Business Support Specialist SKK Migas Dimas Ario Rudhy mengatakan, produksi lapangan minyak dan gas bumi (migas) Banyu Urip, Blok Cepu diharapkan bisa mencapai produksi sebesar 235 ribu barel oil per day (BOPD). Dari produksi sebelumnya sekitar 220 ribu BOPD.

“Kita memang menarget ExxonMobil Cepu Ltd untuk menaikkan jumlah produksinya dalam waktu dekat ini,” ujarnya saat di Bojonegoro, kemarin.

Eksternal Affair Manager ExxonMobil Cepu Ltd, Ichwan Arifin mengatakan, untuk mencapai produksi 235 ribu BOPD harus ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya tes produksi dan Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

“Tes produksi sudah dilakukan dan memenuhi syarat untuk dinaikkan menjadi 235 ribu BOPD. Tinggal menunggu penetapan Amdal,” ujarnya, Jumat (6/12/2019).

Perubahan Amdal yang dilakukan anak perusahaan asal Amerika Serikat itu, menurut Ichwan sudah dilakukan sebanyak lima kali. Mulai dari Amdal untuk jumlah produksi sebesar 165 ribu BOPD, menjadi 220 ribu BOPD. Kemudian adendum untuk Amdal dalam skala produksi 235 ribu BOPD.

“Biasanya dalam Amdal yang sering diadendum itu untuk RKL RTL dan andal, tapi kita sudah siap untuk diundang dalam sidang penyusunan Amdal keenam ini,” terangnya.

Untuk menaikkan jumlah produksi itu, menurut Ichwan tidak ada kendala secara signifikan. Peralatan yang digunakan untuk mencapai produksi tersebut setelah dilakukan tes juga sudah memenuhi standar. “Kita sedang berproses ke sana (produksi 235 ribu BOPD),” pungkasnya. [lus/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar