Berita Migas

Sumur Jambaran East JAM-3 Sudah Masuk Proses Uji Coba

Bojonegoro (beritajatim.com) – Proyek Pengembangan Gas Lapangan Unitisasi Jambaran-Tiung Biru (J-TB) merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dilaksanakan oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Pada April 2020, Proyek JTB telah berhasil menyelesaikan proses completion pada pengeboran WellPad Jambaran East.

Saat ini operator Migas plat merah itu sedang melakukan progres uji coba sumur. Dari enam sumur produksi yang ada di Jambaran East, ada empat sumur yang akan diuji coba. “Pada awal September sudah dilakukan rangkaian dari well test, perforasi pada sumur JAM-3,” ujar Legal and Relations Pertamina EP Cepu, Wulan Purnamawati, Senin (14/9/2020).

Well test atau uji coba sumur produksi sendiri nantinya dilakukan dengan cara membersihkan sumur dari fluida non Hidrokarbon agar bisa dialirkan ke fasilitas produksi. Well test bertujuan untuk memastikan kesiapan peralatan dan sumur agar bisa optimal beroperasi selama kurun waktu 16 tahun dan menghasilkan 310 MMSCFD.

Jambaran East sendiri berada di Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro. Dari lokasi sumur produksi dengan jarak rumah warga yang paling dekat hanya sekitar 200 meter. Namun, meski berdekatan dengan permukiman, pihak operator memastikan proses uji coba akan berjalan lancar dan tidak mengganggu masyarakat setempat.

Kepala Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro Sapani mengungkapkan, jarak terdekat permukiman warga dengan Jambaran East sekitar 200 meter. Yakni di Dusun Pohwayang dan Dusun Bandung. “Paling dekat dengan pengeboran Jambaran East sekitar 200 meter di sebelah selatan,” pungkasnya. [lus/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar