Iklan Banner Sukun
Berita Migas

Subholding Upstream Pertamina Torehkan Prestasi di Ajang The 13th Global CSR Award

Program ‘PELITA’ (Pendidikan Lingkungan untuk Anak) dan Sampah untuk Pendidikan: One Stop Solution yang dilakukan oleh Pertamina EP Subang Field yang meraih penghargaan Gold pada kategori Excellence in Provision for Literacy & Education Award (dok)

Jakarta (beritajatim.com) – Subholding Upstream Pertamina meraih penghargaan internasional pada ajang The 13th Annual Global CSR Summit & Awards 2021 atas implementasi Program CSR khususnya dalam aspek Community Involvement & Development (CID) yang inovatif dan berkelanjutan serta memberikan manfaat terukur bagi lingkungan dan masyarakat terutama di sekitar wilayah operasi pada Selasa (16/11/2021).

Ajang Annual Global CSR Award merupakan salah satu penghargaan bergengsi di tingkat international yang diselenggarakan setiap tahun, dengan sistem penilaian yang selektif yang kali ini diikuti oleh perusahaan dari 7 negara di kawasan Asia Pasifik.

Subholding Upstream Pertamina mendapatkan 6 penghargaan di berbagai kategori yang berkontribusi terhadap pencapaian target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs), diantaranya mendukung Tujuan 2 Tanpa Kelaparan, Tujuan 4 Pendidikan Berkualitas, Tujuan 5 Kesetaraan Gender, Tujuan 8 Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, Tujuan 13 Penanganan Perubahan Iklim, Tujuan 14 Ekosistem Lautan, dan Tujuan 15 Ekosistem Daratan.

Pada kategori Empowerment of Women Award, Subholding Upstream Pertamina berhasil meraih penghargaan Platinum, yang merupakan penghargaan tertinggi, melalui program-program CSR yang dilaksanakan di beberapa wilayah kerja. Program-program CSR ini mengikutsertakan serta memberdayakan perempuan dalam mendukung pencapaian SDGs 5 yaitu Gender Equality, salah satunya pelaksanaan program-program CSR yang dilaksanakan PHE West Madura Offshore (PHE WMO) dan PHE Jambi Merang.

‘’Program CSR yang dilakukan tidak hanya menyasar pada nilai keenonomian bagi penerima manfaat, namun juga menghasilkan nilai baru yaitu behaviour yang mengacu pada kesetaraan gender perempuan di kalangan masyarakat sehingga mereka juga mampu menjadi Agent of Change baik di keluarga maupun masyarakat,’’ jelas Arya Dwi Paramita, Corporate Secretary Subholding Upstream Pertamina yang ditemui secara terpisah.

Sedangkan pada kategori Best Environmental Excellence Award, Subholding Upstream Pertamina meraih 2 penghargaan yaitu Gold melalui Program Ekowisata Mangrove & Terumbu Karang Labuhan yang merupakan inovasi PHE WMO, bagian dari Zona 11 Regional Indonesia Timur, serta penghargaan Silver untuk Program Jejak Setapak (Jerih Kerja Karawang, Semangat Petani Sehati Ketahanan Pangan Meningkat), yang dinisiasi PT Pertamina EP (PEP) Subang Field yang merupakan bagian dari Zona 7 Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina.

“Program Ekowisata Mangrove & Terumbu Karang Labuhan berhasil menanam total 76.050 mangrove dan cemara laut dengan total akumulasi serapan karbon hingga tahun 2021 sebesar 16.875,77 ton CO2 eq, yang telah mendukung Desa Labuhan memperoleh predikat Desa ProKlim Utama dari KLHK RI pada 2021,’’ ungkap Arya.

Subholding Upstream Pertamina juga mendapat penghargaan Gold untuk kategori Excellence in Provision for Literacy & Education Award melalui Program ‘PELITA’ (Pendidikan Lingkungan untuk Anak) dan Sampah untuk Pendidikan: One Stop Solution yang dilakukan oleh Pertamina EP Subang Field, bagian dari Zona 7 Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina.

Dua penghargaan lainnya adalah untuk Kategori Best Community Programme Award meraih peringkat Gold melalui Program Polikultur, Inovasi untuk Optimalisasi Hasil Tambak yang dikembangkan Pertamina EP Tambun Field, bagian dari Zona 7 Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina. Dalam kagetori yang sama, Subholding Upstream Pertamina juga memperoleh penghargaan Bronze atas pelaksanaan program Desa Cinta Bumi Tanggap Api, sebuah program berbasis mitigasi dan adaptasi perubahan iklim sebagai upaya pencegahan karhutla dari PHE Jambi Merang bagian dari Zona 1 Regional Sumatera Subholding Upstream Pertamina.

‘’Capaian ini merupakan wujud dari komitmen Subholding Upstream Pertamina dalam mengimplementasikan Program CID sebagai bagian dari penerapan kinerja aspek Environmental, Social & Governance (ESG) untuk berkontribusi terhadap pencapaian SDGs. Penghargaan ini memberikan motivasi bagi bagi kami untuk terus berinovasi dan berupaya menebar manfaat yang lebih luas bagi masyarakat terutama di sekitar wilayah operasi di seluruh Indonesia,’’ pungkas Arya.

Bersamaan dengan penyelenggaraan Global CSR Award tahun 2021 juga dilaksanakan penyerahan penghargaan The 12th Annual Global CSR Awards 2020, yang mengalami penundaan berkaitan dengan kondisi pandemi Covid-19. Dalam penghargaan Global CSR Award 2020, PHE yang kini sebagai Subholding Upstream Pertamina meraih beberapa penghargaan di sejumlah kategori, antara lain penghargaan Gold untuk Kategori Excellence in Provision for Literacy & Education Award melalui Program Pemberdayaan Kelompok Minoritas Melalui Pendidikan di PHE Jambi Merang dan JOB Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi. Pada Kategori Best Community, PHE melalui Program Ekowisata Berbasis Masyarakat dari PHE WMO dan PHE Siak juga meraih Penghargaan Bronze serta raihan penghargaan Bronze pada kategori Women Empowerment oleh JOB Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi dengan Program Kampung Herbal Sinorang.

Penghargaan tahun 2020 juga diraih Pertamina EP Tarakan Field dari Program Sekolah Tapal Batas untuk Pemerataan Pendidikan di Daerah Tertinggal pada Kategori Excellence in Provision for Literacy & Education Award dengan peringkat Gold. (hen/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar