Berita Migas

SKK Migas Jabanusa, Petronas dan Pemkab Gresik Tanam Ribuan Mangrove

Gresik (beritajatim.com)– Untuk menjaga kelestarian alam, dan lingkungan hidup. SKK Migas Jabanusa, KKKS Petronas Carigali Ketapang II Ltd, serta Pemkab Gresik melakukan penanaman ribuan mangrove di kawasan Kalimireng, Desa Manyar Sidomukti, Kecamatan Manyar, Gresik.

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala SKK Migas Jabanusa, Nurwahidi. Kemudian President Director Petronas Indonesia, Yuzaini MD. Yusof dan Bupati Fandi Akhmad Yani.

“Penanaman bibit mangrove ini merupakan bentuk kesadaran dari perusahaan, pemerintah maupun stakeholder serta komponen masyarakat yang peduli lingkungan,” ujarnya, Selasa (8/11/2022).

Bupati milenial itu menambahkan, kegiatan corporate social responbility ini menjadi
upaya dan strategi untuk menjembatani hubungan antara pemerintah, stakeholder dan masyarakat. Karena itu, harus terus berkelanjutan.

“Kelestarian ekosistem mangrove ini, tidak dapat dilaksanakan hanya oleh pemerintah, melainkan dibutuhkan keterlibatan dan kerjasama semua pihak,” imbuhnya.

Kepala SKK Migas Jabanusa Nurwahidi mengungkapkan kolaborasi penanaman mangrove ini sangat positif bagi kelestarian lingkungan. “Keberadaan mangrove ini sangat penting untuk menjaga abrasi serta ekosistem biota laut,” paparnya.

Sementara itu, President Director Petronas Indonesia Yuzaini MD. Yusof menyatakan kegiatan ini merupakan turunan dari rencana strategis IOG 4.0, yang diinisiasi oleh SKK Migas sebagai bentuk komitmen terhadap lingkungan.

“Program ini juga merupakan bagian dari langkah kongkrit, untuk mendukung Petronas Sustainability Agenda dalam rangka pencapaian target Net Zero Carbon Emission_ (NZCE) pada tahun 2050,” ungkapnya.

Lebih lanjut Yuzaini menuturkan, penanaman pohon mangrove ini juga berfungsi sebagai habitat bagi berbagai spesies biota laut. Serta berkontribusi juga pada kesehatan ekosistem di sekitarnya secara keseluruhan.

“Penanaman pohon ini merupakan, yang kedua di tahun ini, sebelumnya kami sudah melakukan penanaman 30 pohon setinggi 2 meter berlokasi di fasilitas ORF Petronas,” tuturnya.

Masih menurut Yuzaini, penanaman mangrove ini juga sebagai edukasi. Mudah-mudahan program pelestarian lingkungan yang sudah dijalankan tidak berhenti disini. Kita harus bersama menjaga dan merawat, agar membawa dampak positif lingkungan dan masyarakat sekitar,” pungkasnya. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar