Berita Migas

Sinergi Pertamina – Hiswana, Peduli Tenaga Medis di Madura

Surabaya (beritajatim.com) – Di samping tugas keseharian untuk menjamin ketersediaan energi bagi masyarakat Indonesia, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) V, Jatimbalinus kali ini kembali mengambil peran untuk membantu masyarakat bersama dengan Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) dengan menggulirkan Program Pertamina Peduli Penanggulangan Covid-19 di Pulau Madura.

Program Pertamina Peduli yang diusung di Pulau Madura ini dilakukan secara bertahap terhadap empat Kabupaten yang terdapat di Madura. Dimulai Pamekasan, Sampang, Sumenep, dan Bangkalan dengan target realisasi bantuan yaitu 100 set pakaian Alat Pelindung Diri yang terdiri dari Hazmat, Rubber Shoes, Google Safety, dan Face Shield, 60 Liter Hand Sanitizer, 100 Masker Medis, dan 2.000 Handscoon.

Kemarin (18/6) bertempat di Pendopo Bupati Pamekasan, Pertamina menyerahkan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Pamekasan. Penyerahan APD ini dilakukan oleh Ketua Hiswana Migas DPC Madura, Artha, dan Sales Branch Manager Retail VI Surabaya, Agung Karahesa Wijaya langsung kepada Bupati Pamekasan, Badrut Tamam dan Kepala BPBD Pamekasan, Akmalul Firdaus.

Artha menyampaikan bahwa sinergi antara Pertamina dan Hiswana merupakan langkah inisiatif untuk berkolaborasi membantu meringankan beban tenaga medis sebagai garda terdepan dalam menanggulangi Covid-19, khususnya di wilayah Pamekasan.

“Dalam kondisi seperti ini, langkah sekecil apapun sangat diperlukan untuk saling membantu menekan angka penyebaran Covid-19,” tambahnya.

Disisi lain, Agung menjelaskan bahwa Pertamina selaku Badan Usaha Milik Negara telah mengambil peran lebih dari tugas utamanya untuk menyalurkan energi.

“Selain menjalankan tugas utama ini, kami juga bergerak untuk memberikan bantuan-bantuan kepada masyarakat yang terdampak dari Pandemi Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu menurutnya, Pertamina dan Hiswana sendiri berharap agar bantuan ini dapat memberikan manfaat yang baik, baik kepada Pemerintah, tenaga medis, maupun masyarakat yang saat ini sedang sama-sama berjuang untuk menanggulangi Covid-19.

“Selain bantuan APD tersebut, kami juga memberikan Bantuan Dana Operasional senilai 7.5 Juta Rupiah kepada tim gugus tugas penanggulangan Covid-19 di daerah Pamekasan,” tambahnya.

Selain kedua bantuan tersebut, Pertamina juga memberikan voucher Pertamax senilai 5 Juta Rupiah dan Ganti Oli Gratis senilai 6 Juta Rupiah khusus kepada para tenaga medis di Pamekasan sebagai bentuk apresiasi bagi para garda terdepan penanggulangan Covid-19.

Badrut Tamam, atas nama Pemerintah Kabupaten Pamekasan memberikan apresiasi dan menyampaikan terima kasihnya atas bantuan Pertamina dan Hiswana tersebut.

“Semoga kedepan, kita dapat selalu bersinergi untuk saling bahu-membahu dan bergotong royong antara Pertamina, Hiswana, dan Pemkab Pamekasan,” ujarnya.

Hingga Kamis lalu (18/6/2020), Pertamina Group di Jawa Timur sudah menyalurkan bantuan senilai Rp 10 miliar, melalui Program Pertamina Peduli Penanggulangan COVID-19. Upaya itu merupakan wujud bakti BUMN untuk Indonesia. [rea/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar