Berita Migas

Platform Pengeboran Sumur Hidayah-1 Petronas Carigali North II Dibongkar

Situasi pantai Masaran, Kecamatan Banyuates, yang berjarak 6 Km dari pengeboran sumur Hidayah-1

Sampang (beritajatim.com) – Pasca laporan ditemukanya sumber cadangan minyak sebesar 158 juta barel (MMBO) pada kegiatan pengeboran sumur Hidayah-1 Petronas Carigali North Madura II Ltd di Wilayah Kerja (WK) perairan Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Minggu (28/2/2021) kemarin, platform sumur Hidayah-1 dibongkar dan tidak terlihat lagi dari daratan pantai Banyuates.

“Kemarin pagi terlihat masih ada, lalu menjelang siang hari sudah tidak nampak lagi,” terang Sunan, warga Desa Batioh, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Senin (1/3/2021).

Dengan dibongkarnya platform sumur Hidayah-1. Sunan dan warga nelayan lainya berharap bisa melakukan aktivitas dengan lancar seperti sebelum adanya platform. Apalagi, sudah bebas bisa memasang rumpon kembali. “Kalau sudah tidak ada platform Petronas dan kapal di sumur Hidayah berarti kita bisa memasang rumpon seperti biasanya,” harapnya.

Terpisah, Camat Banyuates, Fajar Sidik menegaskan bahwa sosialisasi yang dilakukan oleh Petronas tidak ada kata-kata larangan bagi nelayan untuk melaut. Hanya saja ada batasan daerah terlarang untuk mencari ikan.

“Dari awal sosialisasinya memang tidak ada larangan bagi nelayan untuk tetap melaut, hanya ada daerah terlarang 500 meter dan daerah terbatas 1200 meter dari titik pengeboran,” ujarnya.

Ketika ditanya tentang platform sumur Hidayah-1 telah dibongkar dan tidak ada tanda sebagai daerah terlarang dan terbatas?. Fajar Sidik mengaku belum bisa berkomentar banyak. Sebab, itu merupakan masalah teknis. “Iya memang platformnya telah dibongkar, tetapi mestinya ada pengawasan dari pihak terkait. Mengenai pemasangan rumpon kembali itu akan saya konfirmasi lagi nanti,” tandasnya.

Sekedar diketahui, pengeboran Sumur Hidayah-1 yang terletak di 6 Km dari bibir pantai Kecamatan Banyuates berjalan selama 47 hari. Konon, cadangan minyak telah ditemukan pada kedalaman 2.739 meter.[sar/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar