Berita Migas

Petronas Carigali Nort 2 Ltd Sosialisasi Eksplorasi Sumur Hidayah 1

Sosialisasi teknis Petronas Carigali Nort 2 Ltd

Sampang (beritajatim.com) – Petronas Carigali Nort 2 Ltd melakukan sosialisasi teknis eksplorasi sumur hidayah 1 di kantor Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Selasa (8/12/2020). Kegiatan kali ini, merupakan lanjutan sosialisasi pertama yang berlangsung 16-17 November 2020 lalu di Pendopo Trunojoyo.

Pantauan di lokasi, sosialisasi teknis tersebut dibagi dua sesi dengan mengundang sekitar 300 masyarakat nelayan di enam desa wilayah terdampak. Diantaranya, Desa Nepa, Batioh, Masaran, Trapang, Jatra Timur dan Desa Banyuates.

“Titik pengeboran ini merupakan salah satu Objek Vital Nasional (Obvitnas) dan berkaitan dengan hajat hidup orang banyak termasuk kebutuhan gas maupun minyak. Oleh sebab itu proses eksplorasi dan eksploitasi nanti bisa mendapat dukungan dari masyarakat terdampak,” ujar Yuliadi Setiawan, Sekertaris Daerah (Sekda) Pemkab Sampang, saat membuka acara sosialisasi teknis sumur hidayah 1.

Pria yang akrab disapa Wawan ini juga mengingatkan kepada Petronas Carigali Nort 2 Ltd tentang PI dan CSR yang menjadi tangungjawab perusahaan kepada masyarakat terdampak. “Perusahaan migas juga punya tangungjawab menawarkan PI agar nantinya bisa menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD),” imbuhnya.

Di tempat yang sama Andiono Setiawan selaku Head of Corporate Affairs and Administration at Petronas Carigali Indonesia mengatakan. Bahwa proses eksplorasi yang dilakukan oleh Petronas tetap mengedepankan keamanan dan keselamatan termasuk dampak lingkungan.

“Kami berharap kegiatan ekspolrasi hidayah 1 mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat terutama nelayan di enam desa yang merupakan daerah terdampak. Perlu diketahui juga bahwa 70 persen eksplorasi untuk mencari cadangan minyak ini berpotensi gagal,” tandasnya.

Sekedar diketahui, selang beberapa hari sebelum kegiatan sosialisasi teknis eksplorasi hidayah 1. Pihak Petronas Carigali Nort 2 Ltd memberikan ganti rugi rumpon milik nelayan di area yang dilalui untuk survei eksplorasi sumur hidayah 1.[sar/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar