Berita Migas

Petronas Bantu Perangi Covid-19

Surabaya (beritajatim.com) – Petronas Carigali Indonesia, perusahaan minyak dari Malaysia, menyerahkan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Gresik, Selasa (16/6/2020). Ini bagian dari komitmen Petronas memerangi pandemi Covid-19 dengan memberikan bantuan bagi para pemangku kepentingan yang meliputi penyediaan sembako dan alat medis bagi masyarakat di wilayah kerjanya.

Bantuan diserahkan Agust Setyatmoko dan Rafael Wanta dari Petronas kepada beberapa kepala desa berupa 216 paket sembako. Bantuan didistribusikan di lima desa dan satu kelurahan, yakni Desa Manyarejo, Manyar Sidomukti, Manyar Sidorukun, dan Desa Sukomulyo di Kecamatan Manyar, Kelurahan Kramat Inggil di Kecamatan Gresik, dan Desa Randuboto di Kecamatan Sidayu.

Selain itu, diwakili Wawan Primantoko, Petronas juga menyerahkan bantuan 120 paket sembako untuk masyarakat Jawa Timur melalui Nurwahidi, Kepala SKK Migas Jabanusa (Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Jawa Bali dan Nusa Tenggara). Ini pemberian bantuan tahap kedua kepada masyarakat Jatim melalui SKK Migas Jabanusa.

Total bantuan Petronas tahap kedua ini berjumlah 500 paket sembako lebih dan disalurkan ke Sampang, Gresik, dan Surabaya. Totalnya dari tahap pertama dan kedua ini ada 1.000 paket sembako. “Di SKK Migas sendiri kami juga menyalurkan paket sembako dari Petronas dan K3S lainnya. Jumlah totalnya mencapai tiga ribu paket. Dua ribu paket sudah kami berikan saat Ramadan. Sisanya setelah lebaran atau bulan ini. Kami berikan langsung ke pemerintah provinsi dan kota seluruh wilayah kerja kami,” kata Nurwahidi.

Sekretaris Desa Manyarejo M. Lutfi mengatakan, bantuan ini sangat membantu warga yang terdampak Covid-19. “Kami bersyukur sekali mendapat bantuan sembako yang sangat dibutuhkan oleh warga,” katanya.

Hal senada dikemukakan Kepala Desa Manyar Sidomukti Achmad Chasin. “Bantuan sembako ini langsung kami bagikan kepada warga yang belum menerima bantuan apapun,” ungkapnya.

Chasin menambahkan, di desanya ada 650 kepala keluarga, yang sebagian besar merupakan karyawan pabrik sempat berhenti beroperasi selama dua bulan karena pandemi. Sementara itu, Kades Manyar Sidorukun Su’udin menyebut bantuan sembako dari Petronas sangat bermanfaat bagi warga tidak mampu.

Kepala Bagian Pembangunan Desa Sukomulyo Muchtarom menyebut sembako gratis dari Petronas ini bisa meringankan beban warga yang terdampak Covid-19. “Mudah-mudahan warga terdampak bisa tersenyum mendapat bantuan sembako dari Petronas,” katanya.

Pandemi Covid-19 menyebabkan dilakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk meminimalkan penyebaran virus di Indonesia. Keputusan tersebut berdampak pada kegiatan dan kondisi perekonomian masyarakat sekitar wilayah operasi Kontraktor Kontrak Kerja Sama Minyak dan Gas Bumi, termasuk wilayah kerja Petronas Carigali Indonesia (Petronas) yaitu Jawa Timur. Itulah kenapa Petronas merasa terpanggil untuk ikut serta bergotong royong menangani pandemi ini.

“Menjadi bagian penting dan berkontribusi bagi masyarakat di wilayah kerja kami adalah hal yang utama bagi kami. Hal ini sejalan dengan komitmen kami dalam membantu masyarakat untuk menanggulangi pandemi, yang merupakan bagian dari program bantuan dan pengembangan bagi masyarakat. Bantuan ini juga terlaksana dengan baik berkat dukungan SKK Migas dan kerja sama dengan pihak pemerintah kabupaten,” kata President Petronas Carigali Indonesia Mohd Nazlee Rasol.

Sebelumnya, Petronas juga telah menyerahkan bantuan penanggulangan Covid-19 di Sampang pada 17 April 2020, yang meliputi 40 liter hand sanitizers, 40 liter disinfektan, 180 lembar masker kain, dan pada 13 Mei 2020 dalam bentuk 500 paket sembako makanan pokok kebutuhan. Sementara di Gresik, bantuan yang diberikan pada 15 April 2020 berupa 150 alat pelindung diri, yang disalurkan melalui Gugus Tugas Covid Gresik.

Tanggal 8 Mei 2020, bantuan yang diberikan Petronas berupa 360 paket sembako, dan bantuan di Surabaya berupa 180 paket sembako melalui SKK Migas. Penyerahan bantuan ini juga merupakan upaya kolaborasi antara SKK Migas & KKKS berwilayah kerja di Sampang, Gresik dan sekitarnya.

Selain itu, Petronas juga telah memberikan bantuan penanggulangan Covid-19 dalam bentuk dukungan transportasi dan logistik melalui Lantamal V TNI AL Gresik. Ini melengkapi prakarsa pemerintah Indonesia dalam upaya penanggulangan Covid-19. [rea]

Apa Reaksi Anda?

Komentar