Berita Migas

Perwira Pertamina Semangat Berbagi Donor Plasma untuk Indonesia

Surabaya (beritajatim.com) – PT Pertamina (Persero) Marketing Region Jatimbalinus kembali mengajak Perwira (sapaan khas bagi karyawan) Pertamina untuk berbagi dalam kegiatan Donor Plasma Konvalesen. Kegiatan diadakan pada Jumat (29/1/2020) di Palang Merah Indonesia, Jl. Embong Ploso, Surabaya.

Kegiatan Donor Plasma Konvalesen dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian sosial Pertamina terhadap sesama. Utamanya kepedulian sosial di masa pandemi Covid-19 yang masih melanda di Tanah Air.

Area Manager Medical Pertamina Marketing Region Jatimbalinus, dr. Siti Arum Alia menyampaikan bahwa aksi sosial donor plasma konvalesen merupakan peran serta dari Pertamina Region Jatimbalinus dalam menyukseskan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen yang dicanangkan oleh Pemerintah pada tanggal 18 Januari lalu.

“Transfusi Plasma Konvalesen merupakan salah satu terapi bagi pasien COVID-19 sebagai upaya untuk meningkatkan angka kesembuhan dan menekan angka kematian dari COVID-19. Untuk itu, diperlukan kerjasama dan solidaritas yang tinggi dari Perwira Pertamina Penyintas Covid-19 untuk membantu sesama,” ujar dr. Arum.

Kegiatan donor plasma konvalesen ini merupakan inisiasi oleh Fungsi Medical Pertamina Marketing Region Jatimbalinus yang bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia di Surabaya.

“Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka Bulan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) yang selalu diperingati setiap tahunnya pada tanggal 12 Januari,” tambah dr. Arum.

Executive General Manager Pertamina Marketing Region Jatimbalinus, C.D. Sasongko mengungkapkan bahwa sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menjunjung tinggi nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif), Pertamina selalu berusaha bersama dengan masyarakat untuk aktif menghadirkan semangat dan membangkitkan negeri dari Pandemi Covid-19.
“Sesuai dengan nilai Harmonis, kami mengajak Perwira Pertamina Penyintas Covid-19 untuk dapat saling berbagi bersama dengan masyarakat yang membutuhkan untuk berjuang melawan Pandemi Covid-19 dan kembali menggerakkan roda perekenomian nasional,” ujar Sasongko.
Kegiatan donor plasma konvalesen bagi Perwira Pertamina ini tentunya sudah melalui Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku di perusahaan.
“Dimana seluruh personil yang terlibat pada kegiatan donor ini sudah dilakukan screening terlebih dahulu dan calon pendonor dinyatakan sehat serta memenuhi kriteria untuk donor plasma konvalesen,” tambahnya.

Dalam kegiatan donor darah kali ini, ditargetkan sebanyak 35 pendonor plasma yang berpartisipasi. “Jumlah ini kami harapkan dapat membantu masyarakat dan tenaga kesehatan yang masih membutuhkan plasma konvalesen dalam penanganan Covid-19,” ungkap dr. Arum.

Kegiatan donor plasma konvalesen ini sebenarnya bukan kali pertama dilaksanakan oleh Pertamina Pemasaran Regional Jatimbalinus. Sebelumnya sudah pernah dilaksanakan juga bersamaan dengan donor darah rutin pada tanggal 1-2 Desember 2020 lalu. Sejak awal pandemi Pertamina Pemasaran Regional Jatimbalinus sudah melakukan pendataan terhadap para penyintas COVID-19 untuk dimasukkan ke daftar calon pendonor plasma konvalesen. Selain itu, beberapa dari daftar penyintas COVID-19 ini juga secara mandiri telah melaksanakan donor plasma secara rutin.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan rasa kepedulian serta mengurangi angka kematian yang disebabkan oleh COVID-19. “Semoga antusiasme para Perwira tidak surut dan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan” tutur dr. Arum. [rea/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar