Berita Migas

Ajak Warga Terapkan Hidup Bersih

Pertamina Terus Sebar Wastafel Portabel

Sidoarjo (beritajatim.com) – Sebagai bentuk partisipasi dan kepedulian terhadap masyarakat di masa tanggap darurat pencegahan penyebaran wabah Coronavirus Disease (COVID-19). Pertamina, Senin (20/4/2020), melalui Depo Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Juanda, Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus, membagikan alat cuci tangan portabel di Kabupaten Sidoarjo.

Selain memberikan bantuan alat cuci tangan, Pertamina bekerja sama dengan beberapa balai desa di Sidoarjo juga memberikan edukasi untuk melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), khususnya untuk sering mencuci tangan, serta menjaga kebersihan lingkungan.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 bagi masyarakat yang notabene bagian dari lingkungan Perusahaan yang berada di sekitar area kantor ataupun area operasi dari Pertamina.

“Sesuai rekomendasi Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), untuk mencegah penyebaran COVID-19, kita disarankan untuk sering mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun setidaknya selama 20 detik,” ujar Operation Head DPPU Juanda, Riki Madyanto.

Pembagian alat cuci tangan, sebagai salah satu sarana dalam penerapan PHBS, disebar di 20 titik lokasi. Seluruh titik ini berada di sekitar area DPPU Juanda, untuk penempatan sarana ini akan disebar ke area pusat aktivitas masyarakat di wilayah Kecamatan Sedati, Waru, Sukodono, Taman dan Kecamatan Candi.

Titik penempatan alat cuci tangan ini selain di rumah ibadah, juga di Puskesmas, balai desa, Kantor Polsek, Panti Asuhan dan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). “Penyebaran alat cuci tangan ini memang ditempatkan dekat dengan lokasi pusat kegiatan masyarakat yang ramai dikunjungi, untuk memudahkan akses masyarakat dalam menjaga kebersihan, utamanya kebersihan diri sendiri dengan terbiasa mencuci tangan,” ujar Riki.

Kepala Desa Tropodo Sudjiono mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Pertamina DPPU Juanda atas bantuan alat cuci tangan yang ditempatkan di masjid dan tempat kegiatan masyarakat lainnya yang berada di daerah sekitar DPPU Juanda.

“Dalam mencegah dan mengantisipasi COVID-19 ini, kami merasa mendapatkan kemudahan dan kenyamanan dalam menjaga kebersihan diri, karena alatnya tersebar dan mudah ditemui. Atas nama warga Desa Tropodo kami berharap ini dapat dimanfaatkan baik bagi lingkungan sekitar desa dan masyarakat umum,” ujarnya.

Seperti diketahui, penyebaran COVID-19 sudah terjadi di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Sidoarjo. Diperlukan upaya bersama baik dari pemerintah, masyarakat, maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mencegah penyebaran COVID-19 sebagai wujud bakti BUMN untuk Indonesia.

Pertamina berharap dengan adanya bantuan sarana penunjang PHBS ini, dapat memberikan kenyamanan dan menjaga kebersihan serta kesehatan masyarakat di sekitar area operasi Pertamina. “Selain itu, juga diharapkan dapat mengedukasi kembali masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga kesehatan diri masing-masing, sebagai modal utama untuk memerangi COVID-19,” tutup Riki. [rea/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar