Berita Migas

Antisipasi Covid-19

Pertamina Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Area Kantor MOR V

Surabaya (beritajatim.com) – Semenjak ditetapkan status Corona Virus Disease (COVID-19) menjadi Pandemi oleh World Health Organization (WHO) dan Bencana Nasional Non-Alam oleh Pemerintah, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) V telah melakukan beragam langkah antisipasi.

Semsial, menggunakan alat pelindung diri (APD) yang sesuai dengan standar kesehatan yang telah ditetapkan. Juga melakukan pembersihan dan penyemprotan menggunakan disinfektan di area kantor Marketing Operation Region V pada Sabtu dan Minggu ini.

Area yang dilakukan penyemprotan disinfektan tersebut meliputi ruangan kerja, ruangan rapat, basement, ruang genset, masjid, klinik, pos security, kantin, dan juga gedung olahraga. “Area halaman parkir dan setiap mobil operasional juga diberikan disinfektan sebagai salah satu bentuk antisipasi penyebaran COVID-19,” ujar Rustam Aji, Unit Manager Communication & CSR MOR V – Jatimbalinus.

Penyemprotan disinfektan ini dilakukan oleh dua orang petugas yang diawasi oleh personil dari fungsi Health, Safety, Security and Evirontment (HSSE) Pertamina MOR V. Semua petugas dan pengawas dilengkapi dengan APD, meliputi Hazmat (Hazardous Material Suit), Masker, dan sarung tangan. Hal itu untuk mengantisipasi paparan bahan kimia yang digunakan dan potensi COVID-19.

“Kemarin, penyemprotan dimulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB dengan menggunakan peralatan mist blower. Dimulai dari Lt.1 sampai dengan Lt.12 Kantor Pertamina Jagir. Hari ini penyemprotan dilakukan pada hari yang sama dan sampai saat ini masih berlangsung untuk areal di luar ruangan kantor MOR V,” tambah Rustam.

Rustam menambahkan bahwa, langkah ini diambil sebagai langkah preventif penyebaran COVID-19 di lingkungan kantor Pertamina MOR V – Jatimbalinus. “Dikarenakan penyebarannya semakin tinggi dan telah ada sejumlah kasus di Jawa Timur, khususnya Surabaya, maka dirasa langkah ini perlu dilakukan agar penyebaran tersebut tidak semakin meluas. Selain itu juga menjalankan prinsip Pertamina yang tetap menjalankan operasi bisnisnya sesuai dengan standar HSSE yang telah ditetapkan oleh perusahaan,” ujarnya.

Pertamina MOR V sendiri telah menerapkan mekanisme kerja Work From Home (WFH) sebagai salah satu langkah antisipasi COVID-19. Kemudian memastikan keamanan dan kesehatan para pekerja yang harus melakukan kerja operasional yang tidak dapat ditinggalkan dengan melakukan penyemprotan disinfektan tersebut. “Kami lakukan agar yang melakukan kerja dari kantor (WFO) merasa aman dan tidak khawatir dengan lingkungan kerjan,” ujar Rustam.

Dimulai dari 2 Maret kemarin, Pertamina MOR V juga telah melakukan beragam antisipasi penyebaran COVID-19 di areal lingkungan kantor Pertamina MOR V. Di antaranya, pengecekan suhu tubuh di pintu masuk kantor, pemberian hand sanitizer di setiap ruangan, dan memberikan snack serta buah-buahan bernutrisi. Pemberiah buah tersebut sebagai salah satu cara untuk menjaga imunitas tubuh yang menjadi modal utama untuk melawan COVID-19. [rea/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar