Berita Migas

Ajak Pekerja Sehat dan Peduli Lingkungan

Pertamina Gowes Bareng dan Tanam Mangrove

Surabaya (beritajatim.com) – Hutan Mangrove merupakan salah satu ekosistem hutan dengan kelompok tumbuhan yang dapat hidup di daerah dengan kadar garam tinggi. Apalagi, di Indonesia yang terkenal dengan negara kepulauan dengan salah satu garis pantai terpanjang di dunia. Hutan Mangrove sangat dibutuhkan baik dari sisi lingkungan maupun kehidupan masyarakat di sekitar bibir pantai.

Mangrove (Rhizophora sp.) merupakan sebuah tanaman yang memiliki banyak manfaat, khususnya di daerah yang memiliki banyak garis pantai. Diantaranya mencegah erosi dan abrasi pantai serta sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi berbagai jenis satwa. Di Surabaya misalnya, terdapat salah satu Ekowisata Mangrove yang cukup terkenal, yaitu Ekowisata Mangrove Wonorejo.

Hal inilah yang mendorong Pertamina, melalui unit Marketing Operation Region (MOR) V untuk melakukan kegiatan Gowes Go Green ke Ekowisata Mangrove Wonorejo. Pada Jumat (6/12/2019), General Manager Pertamina MOR V, Werry Prayogi beserta jajaran tim manajemen dan juga pekerja dari Pertamina MOR V, serempak melakukan kegiatan bersepeda dari kantor Pertamina MOR V Jagir menuju Ekowisata Mangrove Wonorejo. Kemudian dilanjutkan dengan penanaman Mangrove.

Kurang lebih 100 peserta terlihat sangat antusias mengikuti Gowes Go Green. Secara beriringan, masing-masing peserta gowes menunjukkan semangatnya mengayuh sepeda hingga akhirnya sampai di tempat tujuan. “Gowes bareng yang dilakukan hari ini merupakan sebuah ajakan kepada para pekerja yang berada di lingkungan Pertamina MOR V agar senantiasa menjaga kondisi yang prima dan fit to work di sela-sela rutinitasnya bekerja,” ujar Werry.

Sesampainya di Ekowisata Mangrove Wonorejo, Werry beserta tim manajemen Pertamina MOR V melanjutkan kegiatan berupa pemberian bantuan sarana penunjang belajar mengajar untuk dua sekolah yang berada di sekitar Ekowisata Mangrove Wonorejo, yaitu SDN 274 Wonorejo dan MAN Surabaya.

Acara dilanjutkan dengan penanaman secara simbolis 200 bibit mangrove. Penanaman dilaksanakan oleh Tim Manajemen, peserta Gowes Go Green, dan pelajar SDN 274 Wonorejo dan MAN Surabaya. Dalam kegiatan tersebut, Pertamina menyumbangkan total 6.200 bibit Mangrove ke Ekowisata Wonorejo, sekaligus untuk memperingati HUT Ke-62 Pertamina.

“Seperti yang diketahui, mangrove memiliki banyak manfaat bagi ekosistem kita. Untuk itu pada hari ini dilakukan penanaman mangrove secara serentak yang diberikan kepada pengelola Ekowisata Mangrove Wonorejo,” tambah Werry.

Kedepannya, Werry berharap kegiatan ini dapat memiliki dampak positif baik untuk masyarakat, lingkungan, maupun para pekerja dari Pertamina MOR V. “Kita juga menghimbau agar para pekerja juga dapat meningkat kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar dan juga masyarakat,” tutup Werry.

Kegiatan ini juga merupakan bentuk kegiatan employee volunteerism. Yakni, bentuk kepedulian pekerja baik kepada masyarakat dan lingkungan yang juga diinisiasi oleh para pekerja di lingkungan MOR V. Sebelumnya, para relawan dari pekerja Pertamina pernah melakukan kegiatan mengajar di beberapa SD dalam acara Pertamina Energi Negeri. [rea/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar