Berita Migas

Pertamina EP Sukowati Tanam Mangrove dan Cemara di Pantai Tuban

Tuban (beritajatim.com) – Diawali dengan Gowes bersama, sejumlah pekerja dari Pertamina EP Sukowati Field yang termasuk dalam Zona 11 Regional Jawa Timur dan Indonesia Bagian Timur melakukan tanam Mangrove dan Cemara yang dilakukan di kawasan pantai Mangrove Center, Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Tuban.

Kegiatan tanam Mangrove dan Cemara tersebut merupakan salah satu kegiatan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada hari Sabtu (5/6/2021).

Selain melakukan tanam, para pekerja dari Pertima EP tesebut bersama dengan para pegawai Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tuban juga melakukan kegiatan bersih-bersih sampah di pantai.

Kegiatan Gowes dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia itu start dari GOR Rangga Jaya Anoraga Tuban menuju arah Banyu Lengse dan kemudian finis di Mangrove Center, Kecamatan Jenu, Tuban. Pada saat sampai di Mangrove Center para pekerja itu menanam pohon bakau (mangrove) dan cemara yang ditanam di pesisir pantai utara (pantura) Tuban.

“Tahun ini kami menanam 1000 mangrove dan 1000 cemara laut yang akan dilakukan bertahap dan kegiatan ini sudah dirintis dari tahun 2016 bekerjasama dengan Mangrove Center Tuban. Kami telah menanam kurang lebih total 8.500 (Delapan Ribu Lima Ratus) batang pohon mangrove dan cemara laut,” kata Eric Wibisono, selaku HSSE Assistant Manager Pertamina EP Sukowati Field Zona 11 setelah kegiatan itu.

Dalam kesempatan yang sama, Eric Wibisono menyatakan bahwa kegiatan penanaman pohon untuk mnyelamatkan lingkungan itu diharapkan bisa berjalan terus.”Saya kebetulan baru penempatan di Sukowati Field ini Mas, mudah-mudahan kegiatan akan tetap berlangsung di tahun-tahun yang akan datang,” lanjutnya.

Sementara itu, secara terpisah Manager Sukowati Field, Indarwan Harsoni menyampaikan bahwa pananaman bakau tersebut bertujuan untuk mencegah abrasi kawasan pantai dari gerusan gelombang saat air pasang.

Yang mana kegiatan itu sebagai wujud kepedulian terhadap pesisir pantai Tuban yang merupakan salah satu bentuk komunikasi guna menjaga hubungan baik dengan pemangku kepentingan terkait. Hal ini sejalan dengan visi dan misi untuk menjalankan kegiatan operasional dengan memberikan nilai tambah bagi stakeholder.

“Diharapkan dengan adanya penanaman mangrove, maka ekosistem laut tumbuh, biota laut dapat kembali muncul, selain itu penanaman yang telah dilaksanakan dapat menyelamatkan ekosistem pesisir pantai,” terang Indarwan Harsoni, Manager Sukowati Filed dalam siaran persnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tuban, Bambang Irawan memberikan apresiasi terhadap Pertamina EP Sukowati Field dalam menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini. Inisiatif yang sangat baik dilakukan Pertamina EP untuk menanam mangrove serta bersih-bersih pantai dan tidak melupakan protokol kesehatan.

“Meski cukup singkat yang kita lakukan tapi ini bisa jadi contoh untuk masyarakat luas. Kegiatan ini juga selaras dengan tema HLH tahun 2021 yaitu Restorasi Ekosistem. Harapannya semua pihak dapat menjaga ekosistem untuk meningkatkan ekonomi,” kata Bambang Irawan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Tuban.[mut/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar