Berita Migas

Pertamina EP Asset 4 Poleng Field, Latih Kader Desa Daudo Tanggap Darurat Bencana

Gresik (beritajatim.com) – Pertamina EP Asset 4 Poleng Field melatih kader Desa Daudo, Kecamatan Panceng, Gresik, tanggap darurat bencana khususnya kebakaran. Pelatihan tanggap bencana ini dimaksudkan untuk mengedukasi warga setempat mengenai aspek safety baik pencegahannya maupun penangannya.

Rachmad Dwi Laksono Field Manager PT Pertamina EP Asset 4 Poleng Field mengatakan, dipilihnya Desa Daudo selain sebagai wilayah ring 1 perusahaan yang sangat padat penduduk dengan pola pemukiman terpusat, dan rawan bencana khususnya kebakaran. Pertamina EP Asset 4 Field gelar pelatihan tanggap darurat bencana.

“Pelatihan tanggap darurat ini masih dalam rangka memperingati bulan K3 nasional yang menjadi program CSR bertujuan mengedukasi serta menyediakan sistem tanggap darurat bencana, dan mengurangi resiko bencana,” kata Rachmad Dwi Laksono, Kamis (20/02/2020).

Disamping memberikan pelatihan tanggap terhadap bencana. Pertamina EP Asset 4 Field Poleng juga memberikan bantuan alat pemadam api ringan (APAR) serta memberikan praktek latihan bagaimana menangani bencana kebakaran di lingkungan keluarga dengan benar.

Dalam praktek tersebut, petugas dari Pertamina EP Asset 4 Field Poleng juga mempraktekan kepada warga Desa Daudo bagaimana menggunakan APAR serta kain basah untuk memadamkam api.

“Di Desa Daudo belum pernah terjadi bencana baik itu banjir dan tanah longsor. Tapi, yang namanya bencana khususnya kebakaran bisa saja terjadi dan menimpa siapa saja. Sebelum itu terjadi warga kami ada gagasan pelatihan bagaimana menangani tanggap darurat bencana,” ujar Kepala Desa (Kades) Daudo Sutomo.

Ia menambahkan, saat ini pelatihan tanggap darurat bencana. Baru penanganan kebakaran. Kedepan, kami menginginkan ada pelatihan lagi jadi buka hanya pelatihan tanggap darurat bencana kebakaran saja.

“Kalau bisa pelatihan tanggap darurat bencana seperti ini terus berlanjut untuk mengedukasi warga,” imbuhnya.

Pelatihan tanggap darurat bencana yang diselenggarakan Pertamina EP Asset 4 Field Poleng, selain diisi dengan teori dan praktek serta bantuan 10 buah peralatan APAR. Kegiatan tersebut juga turut melahirkan tim organisasi penanggulangan keadaan darurat (OPKD) Desa Daudo. Organisasi tersebut diisi warga yang nantinya khusus diajarkan mengenai aspek safety secara rutin. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar