Berita Migas

Pertamina Dukung APD untuk Nakes di Lumajang dan Jember

Surabaya (beritajatim.com) – Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus kembali memberikan dukungan kepada para Tenaga Kesehatan (Nakes) yang bertugas di barisan terdepan layanan kesehatan masyarakat. Bantuan ini diberikan dalam bentuk sarana pendukung Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta Alat Pelindung Diri (APD).

Sejak Jumat (15/5/2020) hingga Minggu (17/5/2020) telah dilakukan pemberian bantuan dalam rangkaian kegiatan Program Pertamina Peduli Penanggulangan COVID-19 di Lumajang dan Jember, Jawa Timur.

Di antaranya, Rumah Sakit Djatiroto, Rumah Sakit Islam Lumajang, Rumah Sakit Wijaya Kusuma, Rumah Sakit PTPN X & PTPN XII, Posko Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Cabang Lumajang, Posko BSMI Cabang Jember, Pusat Informasi COVID-19 Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Puskesmas Wuluhan, Puskesmas Gumuk Mas, dan Puskesmas Jenggawa telah menerima bantuan dari Pertamina.

Sebagai fasilitas layanan kesehatan masyarakat, kehadiran para Nakes masih sangat dibutuhkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang dapat diandalkan pada masa pencegahan penyebaran wabah COVID-19.

Perwakilan dari Pertamina menyerahkan total bantuan APD sebanyak 1.095 setelan hazmat lengkap sekali pakai, 102 pasang sepatu boot, 375 box masker medis dan 40.800 lembar masker non medis. Sementara untuk bantuan sarana pendukung PHBS, Pertamina menyerahkan total sebanyak 40 buah pompa disinfektan, 30.000 Liter cairan disinfektan, 75 Liter hand sanitizer serta 15 alat cuci tangan portabel.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Pertamina yang telah memberikan bantuan APD dan sarana PHBS ke beberapa fasilitas layanan kesehatan di Lumajang dan Jember, dimana barang tersebut begitu penting bagi kami mengingat sangat minimnya APD yang kita miliki bagi Nakes di wilayah kami ini. Juga mengantisipasi yang akan terjadi kedepan, mengingat fasilitas layanan kesehatan sebagai salah satu lokasi yang melayani rapid test dan swab test bagi pasien dengan gejala COVID-19,” ujar Direktur RSI Lumajang, dr. Elyunar Dwi Nugroho, pada saat menerima bantuan tersebut.

“Untuk alat cuci tangan portabel, kami harapkan dapat membantu dan berfungsi sebagai sarana untuk edukasi kembali betapa pentingnya menerapkan PHBS di masyarakat, mulai dari kebersihan diri sendiri dengan kebiasaan mencuci tangan dengan air mengalir selama 20 detik, untuk memutus mata rantai penyebaran wabah COVID-19,” ujar Unit Manager Communication Relation & CSR Pertamina MOR V, Rustam Aji.

Lanjut Rustam, Pertamina, anak perusahaan dan seluruh afiliasinya yang berada dan beroperasi di Provinsi Jawa Timur terus aktif membantu pencegahan penyebaran COVID-19. Pihaknya juga terus berusaha memastikan wilayah operasional Pertamina aman dari penyebaran wabah tersebut. Hal ini untuk menjaga pasokan energi dari sektor eksplorasi hingga distribusi tetap optimal selama masa tanggap darurat berlangsung.

“Kami berharap bantuan tersebut dapat memberikan dukungan secara psikologis bagi para Nakes yang sedang berjuang di garda terdepan di masa-masa yang penuh dengan resiko terpapar COVID-19 ini. Dan semoga dengan segera kita bisa sama-sama melalui pandemi ini tanpa ada berita kehilangan Nakes lagi,” tutup Rustam. [rea/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar