Iklan Banner Sukun
Berita Migas

Pertagas Terus Dukung Kegiatan yang Promosikan Potensi Desa

Sidoarjo (beritajatim.com) – Ratusan warga Kabupaten Sidoarjo dan sekitarnya mengunjungi areal pemancingan Resto Apung Seba yang terletak di Desa Penatarsewu, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Para warga tersebut hendak mengikuti lomba memancing yang diselenggarakan Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes Desa Penatarsewu pada Senin, 16 Mei 2022 lalu.

Bumdes Sewu Barokah Desa Penatarsewu menggelar lomba memancing ini dengan tajuk halal bihalal. Harapannya setelah terselenggaranya kegiatan ini, Resto Apung Seba dapat dikunjungi oleh lebih banyak masyarakat Sidoarjo dan sekitarnya.

Manager Communication Relations & CSR PT Pertamina Gas (Pertagas), Elok Riani Ariza menyampaikan perusahaan akan terus mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dapat mempromosikan potensi Desa Penatarsewu.

“Bumdes Sewu Barokah merupakan salah satu mitra binaan Pertagas dimana bersama-sama kami terus berupaya mengembangkan potensi yang dimiliki desa, salah satunya melalui usaha pengolahan ikan asap. Kami akan mendukung kegiatan-kegiatan positif yang digagas oleh Bumdes agar pemasaran ikan asap dan Resto Apung Seba dapat merambah wilayah lain di Jawa Timur,” ujar Elok dalam keterangan tertulisnya yang diterimanya hari ini.

Pertagas memulai program Corporate Social Responsibility (CSR) di Desa Penatarsewu sejak tahun 2017 dengan membangun tempat pengasapan ikan dan penyediaan cool box. Tahun 2019, Pertagas membangun restoran dengan menu spesial ikan asap yang diproduksi warga desa. Selain itu, Pertagas juga melakukan pendampingan pada sistem pengolahan sampah restoran dan masyarakat dengan pembudidayaan lalat Black Soldier Fly (BSF) yang setelah melalui proses pembiakan akan menghasilkan Maggot.

Sementara itu, dalam lomba memancing tersebut dilaksanakan sesuai protokol kesehatan pada masa pandemi. Kompetisi berlangsung di dua kolam pemancingan secara bersamaan. Panitia menyediakan tiga jenis ikan bagi peserta lomba yaitu ikan bandeng, mujair dan nila. Antusias warga berhasil membuat lomba ini diikuti oleh 180 orang.

Farid Abdullah, salah satu peserta lomba mengaku senang dengan adanya lomba memancing. Dirinya juga tertarik untuk mencoba mengunjungi Resto Apung Seba.

“Seru, kegiatan mancing ini mengisi akhir pekan. Ternyata ada konsep resto yang demikian, ada kolam pancing juga. Besok-besok, saya akan datang kesini ajak keluarga saya,” ujar Farid. [hen/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar