Berita Migas

Perizinan Jargas di Bojonegoro Belum Tuntas

Foto: Ilustrasi Jargas

Bojonegoro (beritajatim.com) – Pengajuan izin terkait pemasangan pipa jaringan gas (Jargas) Rumah Tangga di Kabupaten Bojonegoro belum lengkap. Sehingga, pemasangan pipa jargas ke rumah tangga belum bisa dilakukan, Selasa (2/4/2019).

Kepala Bidang Sumber Daya Alam (SDA) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Darmawan mengatakan, jika persyaratan pengajuan izin sudah terpenuhi maka baru bisa dilakukan pengerjaan. “Tidak akan dilakukan pengerjaan jika surat izin belum selesai,” ujarnya.

Menurut Darmawan, Jargas rumah tangga ini dinilai lebih ekonomis jika dibandingkan dengan tabung gas elpiji 3 kilogram. Sehingga, dia berharap, agar kelengkapan pengajuan izin segera diselesaikan dalam waktu dua bulan terakhir ini.

“Satu sampai dua bulan diharapkan perizinan sudah selesai. Jargas nanti akan mempunyai nilai yang lebih ekonomis daripada tagung gas 3kg,” terangnya.

Sementara diketahui, Kabupaten Bojonegoro pada tahap awal mendapat kuota sebanyak 4.000 penerima. Jumlah tersebut sesuai dengan survei yang dilakukan tahun 2014 lalu. Di Bojonegoro sendiri penanaman pipa jaringan gas dilalui sepanjang 271 kilometer (km).

Diperkirakan penanaman pipa akan selesai pada Juni 2019 mendatang. Namun, karena kajian daerah belum selesai dilakukan sehingga target penyaluran sambungan ke penerima dimundurkan pada tahun 2020 dari target sebelumnya tahun 2019.

Dirjen Migas Kementerian ESDM, DJoko Siswanto mengatakan, dimundurkannya jaringan gas di Bojonegoro dikarenakan belum selesainya kajian di daerah itu. “Kami mundurkan karena kajian belum selesai, nanti akan dimasukkan ke anggaran tahun depan, jadi diundur tahun 2020,” kata Djoko baru-baru ini seperti dilansir inilah.com

Dalam kesempatannya, Humas PT Pertamina Gas (Pertagas), Hernianda mengungkapkan, proyek penanaman pipa untuk penyaluran gas di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur itu kini tinggal pemasangan di daerah sekitar ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) di Kecamatan Gayam. [lus/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar