Iklan Banner Sukun
Berita Migas

PEPC Zona 12 Tanam Ribuan Bibit Pohon di Sekitar Lokasi Proyek

Kegiatan penanaman pohon di sekitar wilayah proyek pengembangan Gas Jambaran Tiungbiru (J-JB).

Bojonegoro (beritajatim.com) – PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12 Regional Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina melaksanakan program pengembangan masyarakat (PPM) yang menekankan pada kelestarian lingkungan. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk aksi tanam pohon di sekitar wilayah operasi perusahaan sebagai wujud dari komitmen PEPC akan lingkungan yang berkelanjutan.

JTB Site Office & PGA Manager PEPC Edy Purnomo mengatakan, kegiatan aksi tanam pohon ini sengaja dikemas dengan melibatkan partisipasi aktif dari semua pihak, hal ini merupakan salah satu bukti bahwa PEPC sangat mendukung pelaksanaan dari kebijakan environmental, social, governance (ESG) melalui kegiatan PPM nya.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya pengembalian lahan kritis agar tidak mengalami erosi dan juga sebagai usaha konservasi mata air. “Program pengembangan masyarakat kami selain di bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan juga selalu memperhatikan aspek lingkungan,” ujarnya disela kegiatan di Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jumat (31/12/2021).

Kegiatan aksi tanam pohon bersama ini merupakan komitmen perusahaan untuk pelestarian lingkungan melalui penanaman 3.700 pohon penghijauan di area ruang terbuka hijau, daerah aliran sungai, lahan kritis, dan bahu jalan poros desa di sekitar Proyek JTB. Dalam kegiatan kali ini PEPC menanam sebanyak 2.000 bibit akar wangi, yaitu tanaman sejenis rumput dengan nama latin Chrysophogon Zizanoides yang dikenal handal dalam menahan erosi, 1.700 pohon tegakan atau pohon keras yang terdiri dari pohon tabebuya, pohon beringin, pohon jambu air, kelengkeng, dan ketepeng kencana.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Adm KPH Bojonegoro Irawan yang turut hadir berpartisipasi dalam kegiatan tersebut menyampaikan rasa syukurnya lantaran dapat berkumpul di tengah-tengah para forester untuk bersama-sama melakukan kegiatan yang sangat positif bagi kelestarian lingkungan.

“Apresiasi kami sampaikan kepada PEPC yang telah terus menerus menjalankan program-program kemasyarakatan yang mendukung upaya pelestarian lingkungan dan kawasan hutan. Semoga melalui upaya-upaya yang kita lakukan bersama termasuk penanaman pohon pada pagi ini kelak kita dapat mewariskan alam yang tetap lestari bagi generasi yang akan datang,” ungkap Irawan.

Adapun lokasi penanaman ini tersebar di beberapa titik wilayah Bandungrejo dengan bibit akar wangi ditanam pada lokasi yang memiliki kerawanan erosi, sementara untuk pohon tegakan selain di beberapa wilayah yang memiliki potensi kekeringan juga ditanam di berbagai sisi jalan desa guna meningkatkan nilai estetika lingkungan sekitar.

Kegiatan aksi tanam pohon PEPC 2021 ini diikuti oleh ratusan sukarelawan dari beberapa LSM setempat yang selama ini telah bermitra dengan PEPC dalam pelaksanaan PPM nya. Selain itu turut berpartisipasi juga KPH Bojonegoro, BKPH Clangap, Muspika Kecamatan Ngasem dan Pemdes Bandungrejo serta tokoh masyarakat. [lus/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar