Berita Migas

PEP Kenalkan Darling di MI Doudo

Gresik (beritajatim.com) – PT Pertamina EP, melalui Asset 4 Poleng Field meresmikan program Sekolah Sadar Lingkungan (Darling) MI Muhammadiyah 3 dan MI Al-Ikhlash Desa Doudo.

Muhammad Fajri, Poleng Legal & Relation Asisten Manager membuka secara resmi program Darling.

Program Sekolah Sadar Lingkungan merupakan wujud komitmen PT Pertamina EP Asset 4 Poleng Field dalam ikut serta mengembangkan pendidikan khususnya pada bidang lingkungan. Darling merupakan program yang didalamnya terkait dengan edukasi lingkungan yang mencakup Unit Kesehahatan Sekolah (UKS), edukasi pengetahuan alam, penghijauan sekolah, taman baca, edukasi sampah, mini greenhouse, tanaman toga, tanaman hias, tanaman buah, tanaman hidroponik dan hal-hal terkait edukasi lingkungan usia dini.

Dalam sambutannya, Dwi Purbo Wahyono, Camat Panceng menyampaikan kegembiraannya atas dibukanya program Darling.

“Kami sangat senang dengan adanya bantuan sekolah sadar lingkungan yang telah diberikan. Melalui program ini kami dapat memperkenalkan dan mengajari anak-anak tentang lingkungan. kami juga berharap program seperti ini dapat dilakukan di desa-desa lain agar manfaat program Darling tidak berhenti di Desa Doudo,” ungkapnya.

Acara dilanjutkan dengan peninjauan lokasi program Sekolah Darling. Di MI Muhammadiyah 3, gunting pinta menandai peresmian mini greenhouse dan taman baca. Manajemen juga berkesempatan menanam bersama jajaran pemerintah dan pihak sekolah. Peninjauan dilanjutkan ke area Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) sebagai salah satu bagian program Darling yang memperhatikan aspek kesehatan.

“Kami merasa program ini sangat dibutuhkan dalam menunjang pengembangan edukasi anak-anak khususnya terkait dengan lingkungan. Kami juga berharap program yang telah dilaksanakan tidak cukup berhenti disini, namun dapat terus dikembangkan melalui kerjasama sekolah dan Pertamina EP. Sehingaa manfaat dan tujuan dari program yang telah dilaksanakan dapat tercapai dengan baik,” ungkap Kepala Sekolah MI Muhammadiyah 3 Desa Doudo Gresik, Muhammad Muslih ST

Peresmian Sekolah Sadar Lingkungan MI Al-Ikhlash dilakukan dengan potong pita dan penerbangan balon ke udara. Peserta meninjau lokasi tanaman hidroponik, salah satu kegiatan unggulan di MI Al-Ikhlash sekaligus melakukan panen sayur bersama. Tak hanya tanaman hidroponik, MI Al-Ikhlash juga memiliki inovasi lorong baca.

Lokasi yang sebelumnya belum termanfaatkan, melalui program Darling kini dimanfaatkan sebagai tempat kreatifitas anak-anak dan lorong baca. Program Darling MI Al-Ikhlash lebih banyak memanfaatkan lahan terbatas untuk didijadikan lahan produktif tanaman toga, hias, hidroponik dan penghijauan.
Kepala Sekolah MI Al-Ikhlash, Khoirun Ni’am, S.Pd,I, menyampaikan bahwa program darling merupakan sangat bermanfaat untuk pengembangan karakter anak-anak dalam menjaga dan mencintai lingkungan. Selain itu, melalui program Darling, sekolah dapat memanfaatkan lahan kosong menjadi arena edukatif.

Terpisah, Asset 4 Legal & Relation Manager M Ibnu Wardhana menyampaikan komitmen manajemen Poleng Field untuk berkontribusi dalam mengembangkan program kemasyarakatan, khususnya di bidang lingkungan. “Kami berharap program Sekolah Sadar Lingkungan ini dapat terus dijalankan secara berkelanjutan dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya; dapat dijaga, dirawat dan dipelihara oleh guru dan siswa-siswi di sekolah”, tandas Ibnu.[rea]

Apa Reaksi Anda?

Komentar