Berita Migas

Penyaluran CSR Migas 2020 di Bojonegoro Gunakan Skema Baru

Foto ilustrasi

Bojonegoro (beritajatim.com) – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah membuat kebijakan baru skema penyaluran tanggung jawab perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan minyak dan gas bumi (migas) yang beroperasi di Bojonegoro, Senin (9/12/2019).

Penyaluran tanggung jawab perusahaan tidak hanya diberikan kepada masyarakat terdampak atau yang berada di ring satu saja, tetapi merata. Dalam pembagiannya, masyarakat yang terdampak langsung mendapat 60 persen dan 40 persen masyarakat di luar ring satu.

“Pembagian penyaluran CSR ini dilakukan pada 2020 dengan skema 60 persen untuk warga ring satu dan 40 persen di luar wilayah pengeboran,” ujar Plt Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, M Anwar Mukhtadlo.

Pemerataan penyaluran CSR ini, lanjut dia, karena daerah penghasil sendiri sudah mendapat penyaluran ADD cukup besar. “Apalagi pembagian penyaluran ADD di daerah migas ini cukup besar, sehingga ada pemerataan anggaran dalam pembangunan daerah,” lanjutnya.

Sementara itu, Business Support Specialist SKK Migas Dimas Ario Rudhy mengatakan dengan adanya skema baru penyaluran CSR ini ada beberapa hal yang perlu diantisipasi. Sehingga perlu diantisipasi dengan komunikasi yang baik agar tidak terjadi gejolak di masyarakat terdampak.

“Ada alokasi yang dipindah, sehingga jumlah CSR untuk warga yang berada di sekitar lapangan pengeboran akan berkurang penerimaannya. Makanya yang menjadi tugas bersama, dengan melakukan sosialisasi bersama agar bisa meminimalisir dampak sosial masyarakat,” terangnya saat di Bojonegoro.

Sesuai dengan kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, pada 2020 nanti penyaluran CSR dari Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) Migas tidak hanya diberikan kepada masyarakat terdampak di ring 1, tetapi skema penyalurannya dibagi 60:40 persen.

“Angkatanya (jumlah CSR 2020) belum dibahas, nantinya akan dibahas dengan pemerintah daerah sehingga semua bisa terserap,” jelasnya. [lus/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar