Berita Migas

Jumlah Produksi Migas Blok Sukowati Rata-rata 9.000 Barel/Hari

Foto ilustrasi.

Bojonegoro (beritajatim.com) – Lapangan minyak dan gas bumi (migas) Blok Sukowati yang dioperatori Pertamina EP Asset 4 Field Sukowati rata-rata mampu berproduksi sekitar 9.000 barel per hari. Jumlah produksi tersebut diperoleh dari sekitar 34 sumur yang ada.

Legal and Relations Pertamina EP Asset 4 Field Sukowati Andreas Andika mengatakan, jumlah produksi tersebut sesuai denga target yang ditentukan pada 2019. Jumlah tersebut ada penambahan produksi dari sebelumnya hanya mampu memproduksi rata-rata 8.977 barel per hari.

Pertamina EP Asset 4 sejak mengelola Blok Sukowati terus berupaya melakukan penambahan jumlah produksi. Salah satunya, dengan cara perawatan sumur, pengembangan lapangan baru maupun tajak sumur injeksi untuk menekan jumlah peningkatan produksi.

Pada Akhir 2019 Pertamina EP Asset 4 telah melakukan tajak sumur injeksi i003 di lapangan Pad B. Dengan adanya penambahan sumur injeksi tersebut, diharapkan bisa meningkatkan jumlah produksi. Anak perusahaan PT Pertamina itu kini memiliki tiga sumur injeksi untuk menaikan jumlah produksi.

Selain itu, juga melakukan pengembangan sumur Pad C yang ada di Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro. Proses pengembangan lapangan Pad C sekarang masih tahap pembebasan lahan. “Sekarang masih dalam penetapan harga lahan yang dilakukan survei secara independen,” terangnya.

Pengembangan Lapangan Sukowati Pad C seluas 47.500 meter persegi atau 4,7 hektar. Dari luasan tersebut salah satunya lahan milik 21 warga yang akan dibebaskan untuk penyiapan tapak sumur. Pengeboran Sumur SKW-I005 akan menyedot minyak di bawah alun-alun dan Pendapa Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

Pipa pemboran akan melintasi bawah Sungai Bengawan Solo dengan kedalaman sekitar 30 meter. Pengeboran pipa berada di kedalaman sekitar 10.000 MD atau bawah tanah. Sumur Pad C Sukowati diperkirakan bisa berproduksi 4 ribu hingga 5 ribu barel per hari (BPH) dari sembilan sumur. Dengan usia produksi tujuh sampai delapan tahun. [lus/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar