Berita Migas

Jaga Tetangga Bentuk Perhatian Pertamina

Surabaya (beritajatim.com) – Bentuk perhatian terhadap lingkungan masyarakat di sekitar sarana dan fasilitas distribusi Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus diwujudkan dengan berbagi kepada warga di sekitar wilayah operasional milik perusahaan, terutama setelah ditetapkan nya perpanjangan masa pencegahan penyebaran wabah COVID-19 hingga beberapa pekan kedepan.

Di Kelurahan Perak Timur, Kecamatan Perak, Kota Surabaya, Integrated Fuel Terminal (IFT) Perak melanjutkan kegiatan berbagi untuk sesama. Sebelumnya (24/3) Pertamina telah melakukan penyemprotan disinfektan untuk sterilisasi rumah ibadah dan sarana umum di kelurahan ini.

Kali ini perhatian kepada ‘tetangga’ di sekitar sarfas distribusi diwujudkan dengan pembagian Alat Pelindung Diri (APD) bagi Tenaga Kesehatan (Nakes) yang bertugas di Puskesmas, alat penyemprot disinfektan dan wastafel portabel.

Semangat yang sama untuk menjaga tetangga juga dilakukan di Kota Denpasar, Bali. FT Pertamina Sanggaran juga tergerak untuk memperhatikan kondisi dan kebutuhan APD untuk fasilitas layanan kesehatan bagi masyarakat yang ada di lingkungan sekitarnya. Puskesmas IV Pedungan, Kota Denpasar menerima bantuan APD dan wastafel portabel yang akan dimanfaatkan oleh Nakes dalam melayani masyarakat, terutama yang terindikasi COVID-19.

Di masing-masing sarfas distribusi, para pimpinan operasi turun langsung menyerahkan bantuan dukungan bagi para masyarakat. Manager FT  Pertamina Sanggaran, Muhammad Andika Gunawan menyerahkan bantuan APD bagi Nakes kepada Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Pedungan IV, drg. Made Saraswati. Sementara Manager IFT Pertamina Perak, Ahmad Jani Lauma menyerahkan langsung bantuan APD di sekitar wilayahnya kepada Kepala Puskesmas Perak Timur, dr. Nurul Hidayah.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Pertamina yang telah memberikan APD dan wastafel portabel ini kepada Puskesmas IV Pedungan. Kami akan manfaatkan sebaik-baiknya dukungan bagi Nakes dalam menghadapi masa pandemi COVID-19 ini, semoga Pertamina Sanggaran dan seluruh karyawannya selalu dilindungi Tuhan Yang Maha Kuasa,” ujar Made.

Sementara apresiasi disampaikan oleh dr. Nurul pada saat menerima bantuan dari IFT Pertamina Perak. “Kepedulian Pertamina kepada kami warga dan Nakes di Perak Timur, ini membuat kami berbesar hati, bahwa pada masa yang sulit bagi semua pihak, keberadaan masyarakat tetangga dari Pertamina masih mendapat perhatian dan sentuhan dari perusahaan,” ujar dr. Nurul.

Dua lokasi sarfas distribusi Pertamina tersebut memberikan total bantuan sebanyak 40 (empat puluh) setelan hazmat berbahan micro, 40 (empat puluh) setelan hazmat bahan spunbound, 200 (dua ratus) lembar masker spunbound dan 40 (empat puluh) unit alat cuci tangan portabel. Serta tambahan dari IFT Perak memberikan bantuan alat penyemprot disinfektan sebanyak 5 (lima) unit untuk dimanfaatkan oleh masyarakat di sekitarnya.

Unit Manager Communication Relation & CSR Pertamina MOR V, Rustam Aji menyampaikan bahwa masyarakat di sekitar wilayah operasi, layaknya tetangga yang ada di sekitar rumah. “Manakala kita sakit, atau ada gangguan keamanan di lingkungan sekitar, maka tetangga merupakan bala bantuan pertama yang akan mengulurkan tangan. Semoga yang dilakukan oleh Pertamina dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat di sekelilingnya,” tutup Rustam.

Seperti diketahui, penyebaran COVID-19 sudah terjadi di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Jawa Timur dan Bali. Semoga upaya bersama baik dari Pemerintah, masyarakat, maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mencegah penyebaran COVID-19 sebagai wujud bakti BUMN untuk Indonesia dapat memperkuat ketahanan bangsa dalam melalui pandemi ini.[rea/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar