Berita Migas

Jaga Kesehatan Mental Pekerja Saat PSBB, Pertagas Gelar Psikoedukasi Online

Jakarta (beritajatim.com) — Memasuki minggu kedua pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta, pada hari Senin(20/4), PT Pertamina Gas (Pertagas) bekerjasama dengan Ikatan Psikolog Klinis Indonesia (IPK Indonesia) menggelar kegiatan Psikoedukasi melalui layanan video conference.

Kegiatan ini dilakukan untuk antisipasi & mengatasi stress serta kecemasan berlebihan dari pekerja selama bekerja di rumah dan menghadapi pandemic Covid-19. “Dalam kondisi  ini, saya berharap pekerja tidak mengalami kecemasan berlebih dan tetap terjaga spiritnya,” ujar Direktur Utama PT Pertamina Gas Wiko Migantoro.

Menurutnya, Pertagas sangat peduli dengan karyawan dan telah memberlakukan protokol penanganan Covid-19 di seluruh lini operasi. Melalui kegiatan bertama Life in the Time of Covid-19, How to Take Care of Our Mental Health ini,  Wiko  juga mengingatkan bahwa kunci untuk tidak stres selama work from home (bekerja di rumah) adalah dengan tetap aktif bekerja dan bersosialisasi dengan rekan kerja. “Kita dianugerai akal dan knowledge oleh Allah SWT. Insya Allah kita bisa lalui bersama,” ujarnya.

Fitri Fausia selaku narasumber dari IPK Indonesia mengatakan, perubahan kondisi mental besar adalah hal yang wajar terjadi pada pekerja yang melakukan work from home. Apalagi, kondisi ini terjadi karena disebabkan adanya pandemi yang mengancam jiwa. “Kalau sampai terjadi perubahan psikis, cari akar permasalahannya, coba kita selesaikan sendiri. Kalau tidak ceritakan pada orang lain,” ujarnya.

Fitri mengatakan, menjaga kesehatan mental selama wabah Covid-19 sangat penting. Sebab, selama dalam kondisi stress, tubuh cenderung mengalami masalah dengan imunitas. “Kalau imunitas tubuh, penyakit justru akan lebih mudah menyerang tubuh kita,” katanya.

Acara yang dihadiri oleh 150 pekerja secara online ini juga diikuti oleh Direktur Keuangan dan Dukungan Bisnis Pertagas Tenny R.A. Rusdy dan Direktur Komersial Achmad Hery S. Kegiatan ini diikuti oleh pekerja Pertagas dari perwakilan seluruh area operasi dan anak perusahaan. Selapas acara, Pertagas juga memberi kesempatan kepada pekerja yang ingin melakukan konsultasi dengan psikolog selama PSBB berlangsung. (hen/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar