Berita Migas

Hadapi Lebaran, Pertamina Siapkan 3 SPBU Kantong di Jember

Agung Surya Pranata, Sales Branch Manager V Pertamina Malang. [foto: Oryza A. Wirawan]

Jember (beritajatim.com) – Tercatat ada 37 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dan tiga pertashop di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Namun Pertamina menyiapkan tiga SPBU kantong.

“Pertama SPBU 08 di Kecamatan Tanggul, yang meng-cover kebutuhan Kecamatan Kencong dan sekitarnya. Kedua, SPBU 35 di Pasar Sabtuan untuk meng-cover arah ke Banyuwangi. Ketiga, SPBU 12 di Mangli untuk meng-cover kebutuhan di wilayah Kecamatan Ambulu,” kata Agung Surya Pranata, Sales Branch Manager V Pertamina Malang.

Selain itu, lanjut Agung, juga mengecek SPBU di dekat daerah wisata, yakni SPBU 37 di daerah Dira Park. Digitalisasi SPBU juga mempermudah Pertamina untuk memantau keteserdiaan stok BBM. Ketika ada stok di SPBU menipis, Petamina bisa langsung menyuplai sehingga tidak ada kekosongan.

“Estimasi kami, peningkatan gasolin sekitar enam persen, dan untuk gas oil prediksi kami menurun 4,5 persen, karena mendekati hari raya ada larangan mobil besar atau truk beroperasi. Tapi berapapun kebutuhan BBM akan kami penuhi,” kata Agung.

“Dengan adanya SPBU kantong, ketika ada lonjakan permintaan, langsung bisa di-cover. Artinya ada mobil tangki yang stand by di SPBU kantong yang kami sebutkan. Kalau melihat coverage day, untuk (ketersediaan) pertalite bisa di dua harian, pertamax empat harian, dan prodik yang ‘slow moving’ bisa puluhan hari. Apalagi dex dan turbo bisa juga puluhan hari,” kata Agung. [wir/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar