Iklan Banner Sukun
Berita Migas

Elbike Inovasi Elnusa Dukung Program Zero Emisi Pertamina Lestari

Jakarta (beritajatim.com) – Elbike (electronic bike), salah satu inovasi Business Development and Marketing PT Elnusa Tbk mendukung program Zero Emisi Pertamina Lestari. Pertamina Foundation selaku pelaksana program menggandeng Universitas Gadjah Mada Yogyakarta meresmikan Hutan Pertamina-UGM dan penggunaan Elbike di Kampus Lapangan Getas, Blora, Jawa Tengah, Minggu (18/9/2022) lalu.

Salah satu produk Elbike, sepeda motor listrik ECR3000 Bima Cross menjadi kandidat kendaraan operasional selama project konservasi hutan berlangsung. Peresmian dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bambang Hendroyono, Rektor Universitas Gadjah Mada Ova Emilia, dan Direktur Sumber Daya Manusia PT Pertamina (Persero) Erry Sugiharto.

Hadir pula dalam peresmian ini yaitu Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Hartono Prawiraatmadja, Bupati Blora Arief Rohman, Bupati Ngawi H. Ony Anwar Harsono, VP CSR & SMEPP Management PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman, Direktur Utama Perhutani Wahyu Kuncoro, dan Dekan Fakultas Kehutanan UGM Sigit Sunarta.

Acara ini juga untuk memperingati dari Hari Ozon Internasional. Reforestasi hutan dapat mengurangi CO2 yang merusak ozon dan berpotensi memangkas emisi gas rumah kaca setara 170.544 ton CO2 selama 10 tahun.

Dalam waktu 10 tahun tersebut, operasional direncanakan akan disupport dengan penggunakan electric vehicle untuk kebutuhan kontrolling, supervisi maupun sekuriti.

Salah satu model Elbike utama yang digunakan adalah ECR3000 Bima Cross, sepeda motor model trail hasil pengembangan dari startup binaan Elnusa melalui program Agni, bernama @elbikegarage. Elbike ECR3000 Bima Cross sendiri merupakan prototipe sepeda motor listrik yang dikembangkan dari sepeda listrik sebelumnya, Elbike ECR3000 Bima Enduro yang mengalami face lift ke mode trail.

Elbike ini memiliki spesifikasi yang tergolong gahar, dapur pacunya menggunakan motor elektrik jenis Mud Drive Motor 72 Volt 3000 watt. Ditenagai baterai 72 Volts 40 Ah lithium ion BMS System, dengan net weight hanya 120 kg, praktis motor ini dapat melaju kencang dengan kecepatan 100 km per jam.

Dengan pengaturan gear, motor ini dapat menciptakan torsi 38 Nm yang dapat menjelajahi kawasan hutan Blora pada berbagai medan, baik dalam kondisi tanjakan ekstrim, berlumpur, area dengan tanaman liar maupun berpasir.

Direktur Sumber Daya Manusia PT Pertamina (Persero) Erry Sugiharto menyatakan bahwa hutan Pertamina-UGM menjadi salah satu program Hutan Pertamina yang saat ini total terdapat 267 program dengan penanaman lebih dari empat juta pohon. Ini bisa mereduksi emisi karbon sebesar 120 ribu ton Co2eq/tahun, juga memberdayakan lebih dari 4,7 ribu orang masyarakat sekitarnya.

“Harapan kami program ini bisa terus berkelanjutan, untuk menjaga bumi dan mendukung tujuan net zero emission,” kata Erry.

Corporate Secretary Elnusa Asmal Salam, mengatakan sepeda motor karya Tim Elbike Elnusa ini sangat inovatif dan adaptif dalam menghadapi perubahan zaman demi ketahanan energi serta ini merupakan konservasi energi sektor transportasi untuk terwujudnya energi bersih, kualitas udara bersih dan ramah lingkungan, serta komitmen Indonesia menurunkan emisi.

“Penguatan industri Sepeda Motor Listrik perlu dilakukan dalam menanggapi percepatan industri kendaraan listrik berbasis baterai dalam negeri,” papar Asmal.

Tentunya di tengah perubahan yang dinamis, Elnusa terus adaptif dalam menjawab tantangan transisi energi. Menciptakan inovasi adalah langkah dalam upaya menjaga bumi dari dampak emisi serta demi menjaga keberlangsungan perusahaan di masa depan.

Untuk itu hadirnya Elbike sebagai kendaraan listrik dan prototype Motor listrik diharapkan mampu menjunjung komitmen perusahaan untuk terus mengembangkan kapabilitas dan kapasitas jasa energi. [hen/beq]

Apa Reaksi Anda?

Komentar