Berita Migas

Diduga Ada Kandungan Migas di Sumber Air Asin Persawahan Mojokerto

Mojokerto (beritajatim.com) – Tidak ada yang tahu sejak kapan sumber di area persawahan Dusun Brayukulon, Desa Brayublandong, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto mengeluarkan rasa asin. Diduga air di 10 titik tersebut mengandung minyak bumi.

Kepala Urusan Penerangan Desa Brayublandong, Samujiono mengatakan, jika sumber tersebut sudah ada sejak lama. “Ini sudah ada sejak dulu, dari saya kecil. Katanya jaman Belanda dulu di bor tapi yang keluar malah air asin ini. Bukan minyak yang diharapkan mereka,” ungkapnya, Selasa (7/1/2020).

Dari 10 titik sumber air asin tersebut, masih kata Samuajiono, satu sumber kecil lainnya tampak ada minyak yang mengambang di atas sumber semburan lumpur. Bahkan, saat musim kemarau tiba seperti tahun 2019 lalu keluar aroma menyengat dari sumber air tersebut.

Sementara itu, Kepala Dusun (Kadus) Brayu Kulon, Edy Purwanto menambahkan, tidak ada yang sejak kapan sumber air asin tersebut muncul di area persawahan Dusun Brayu Kulon. “Ada kandungan minyak bumi di sumber air asin ini, karena ada observasi dari Pertamina,” katanya.

Masih kata Edy, sekitar tahun 1998 Pertamina melakukan pengeboran minyak bumi. Ada beberapa titik sumber berukuran kecil di sekitarnya, namun paling besar berada di tanah ganjaran milik Sekretaris Desa tersebut. Menurutnya, kandungan minyak di sumber air asin tersebut kecil.

“Memang ada minyak tapi sumbernya kecil. Ada tiga titik sumber kecil di bekas pengeboran minyak di Dusun Brayu Kulon. Diperkirakan total sumber ini sekitar 10 titik sumber yang berukuran kecil. Di sumber itu airnya juga berasa asin,” tegasnya.[tin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar