Berita Migas

Bojonegoro Ujicobakan Jargas di 20 Sambungan Rumah

Petugas melakukan pengecekan pipa jaringan gas rumah tangga di Bojonegoro.

Bojonegoro (beritajatim.com) – Pelaksana proyek pemasangan jaringan gas (Jargas) rumah tangga di Kabupaten Bojonegoro PT Hutama Karya melakukan uji coba gas in di 20 sambungan rumah (SR) di Kecamatan Bojonegoro dan Gayam. Total pemasangan jargas rumah tangga rencananya 10.000 ribu penerima di Kecamatan Bojonegoro, Gayam dan Ngasem.

“Pengerjaan konstruksi sudah selesai 100 persen, dan sudah diuji coba internal untuk 20 rumah penerima dan Alhamdulillah sudah nyala,” ujar Humas PT Hutama Karya Anan Dwi Sutrisno, Selasa (22/2/2022).

Uji coba menyalakan kompor jaringan gas dilakukan pada 15 Februari 2022 lalu di Desa Beged Kecamatan Gayam dan 16 Februari di Desa Sukorejo Kecamatan Bojonegoro. Masing-masing sektor diujicobakan kepada 10 penerima jargas. Sedangkan SR lain saat ini tahapannya masih dalam proses pemasangan kompor.

“Untuk pembagian kompor ini sudah berjalan 100 persen, sekarang tahap pemasangan yang masih berjalan. Untuk pemasangan sehari bisa 30 rumah dengan tim 2 orang,” terangnya.

Sambungan jargas ini melalui pipa yang ditanam di tanah dengan kedalaman 1,5 meter hingga 2 meter. Pipa gas sendiri berdiameter 180 cm untuk jalur utama jargas dan 63 sentimeter (cm) yang nantinya tersambung di rumah-rumah warga. Saat ini sebagian pipa sudah teraliri gas (gas in).

“Alurnya gas ini dialirkan dari Line Break Control Valve (LBCV) yang merupakan fungsi kontrol otamatis ke Meter Regulating Station (MRS), kemudian dialirkan ke regulator sector (RS), baru kemudian dialirkan ke rumah rumah calon pelanggan,” ungkapnya.

Sekadar diketahui, tiga kecamatan di Kabupaten Bojonegoro yang akan dipasangi jargas adalah wilayah Kota Bojonegoro, Gayam dan Ngasem. Rinciannya, 6.000 SR di wilayah perkotaan, 4.000 SR di Kecamatan Gayam dan Ngasem. “Rencananya tanggal 24 Februari nanti ada gas in di Desa Beged,” pungkasnya. [lus/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar