Iklan Banner Sukun
Berita Migas

Bojonegoro Jadi Salah Satu Titik Survei Seismik Pertamina PHE Hulu Energi

Truk seismik 2D vibroseis Pertamina PHE Hulu Energi

Bojonegoro (beritajatim.com) – Beberapa titik di Kabupaten Bojonegoro dilewati Survei Seismik 2D Vibroseis oleh Pertamina PHE Hulu Energi. Survei yang dilakukan dengan titik sepanjang jalan poros nasional itu melewati lima kecamatan di Bojonegoro, yakni di Kecamatan Margomulyo, Ngraho, Padangan, Kasiman dan Kecamatan Purwosari.

“Sosialisasi dilakukan mulai Februari 2022 di masing-masing kecamatan yang dilewati, untuk pelaksanaan seismik ini dilakukan pada Januari hingga terakhir 20 Maret 2022,” ujar Analis Eksplorasi dan Eksploitasi, Sekretariat Daerah (Setda) Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam, Wiega Bagus Andrianto, Sabtu (19/3/2022).

Menurutnya, survei seismik dengan sistem vibroseis ini sesuai dengan hasil koordinasi yang dilakukannya dengan pihak PHE untuk mengumpulkan data potensi yang ada di bentang Jawa Barat hingga Jawa Timur di daerah pegunungan aktif. Potensi yang ditawarkan ini tidak hanya minyak dan gas (migas), tetapi juga potensi panas bumi dan lain-lain.

Menurut Wiega, survei seismik di Bojonegoro merupakan kegiatan lanjutan untuk mencari sumber daya alam baru yang dilaksanakan oleh PT PHE selaku Subholding Upstream Pertamina. “Setelah data sudah ada, pada 2023 akan ditawarkan ke perusahaan-perusahaan yang akan melakukan eksplorasi.

Untuk diketahui, Survei Seismik 2D Vibroseis yang dilaksanakan Subholding Upstream Pertamina mencapai 10.000 titik vibroseis dari target 25.000 titik vibroseis. Survei sesimik ini terbentang di tiga provinsi di Pulau Jawa, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur meliputi 29 Kabupaten dan Kotamadya, 193 kecamatan dan 743 desa dengan panjang lintasan 1.000 KM.

Survey Seismik 2D Vibroseis Sub-Vulkanik ini merupakan salah satu upaya Eksplorasi Subholding Upstream Pertamina dalam membuka potensi sumberdaya migas baru dengan pengambilan data bawah permukaan di area sub vulkanik, sebagai pemenuhan Komitmen Kerja Pasti (KKP) WK Jambi Merang di Wilayah Terbuka tahun ke-2.

“Hingga saat ini Survey Seismic 2D Vibroseis telah rampung di Jawa Barat, sebagian besar area di Jawa Tengah dan telah memulai pekerjaan topografi di sebagian area Jawa Timur,” ujar Direktur Eksplorasi PT Pertamina Hulu Energi selaku Subholding Upstream Pertamina Medy Kurniawan, dalam keterangan tertulisnya. [lus/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar