Berita Migas

Andalkan Jejaring Distribusi, Pertamina Terus Sebarkan Bantuan CSR Lawan Covid-19

Waingapu (beritajatim.com) – Luasan wilayah operasi dan sebaran titik-titik sarana fasilitas distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquified Petroleum Gas (LPG) milik Pertamina mempunyai nilai tambah tersendiri pada masa pencegahan penyebaran Covid-19. Komunikasi yang intens antara sarfas distribusi dengan Kantor Pusat dan Region menjadi tulang punggung kehandalan distribusi Pertamina.

Pada masa tanggap darurat Covid-19 ini, komunikasi yang dilakukan tidak hanya terkait supply dan distribusi BBM dan LPG, namun juga penyampaian kondisi dan kebutuhan masyarakat di sekitar sarfas milik Pertamina. Hadir melayani di 4 (empat) provinsi, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V, terus menyebarkan bantuan CSR dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Hari ini (Jumat, 17/4) Pertamina kembali menyalurkan bantuan CSR, alat cuci tangan portabel bagi masyarakat di Waingapu, Kab. Sumba Timur. Bantuan sebanyak 5 (lima) unit alat cuci tangan portabel tersebut diserahkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Sumba Timur. Rencananya alat ini akan di sebar di Pasar Matawai, Taman Kota, Pelabuhan, Komplek Kantor Bupati Sumba Timur dan Rumah Sakit Umbu Rara Meha.

Unit Manager Communication Relation & CSR Pertamina MOR V, Rustam Aji menyampaikan, alat cuci tangan ini merupakan hasil kreatifitas warga di sekitar Fuel Terminal (FT) Waingapu dengan memanfaatkan drum bekas kapasitas 200 (dua ratus) liter yang di fabrikasi sebagai alat cuci tangan. “Adanya keterlibatan warga masyarakat dalam menyiapkan bantuan ini, merupakan bentuk semangat *energi tulus yang tak berhenti*, agar dapat bermanfaat bagi sesama, meskipun di masa-masa penuh kekhawatiran dan kewaspadaan seperti sekarang ini,” ujar Rustam.

Bantuan ini diterima oleh Kepala Pelaksana BPBD Kab. Sumba Timur, Mikael Jaka Laki di kantornya. “Atas nama pemerintah Kab. Sumba Timur kami mengucapkan terima kasih atas bantuan Pertamina, sungguh ini membantu kami dalam meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya hidup sehat, khususnya dalam hal mencuci tangan. Bantuan ini akan kami sebarkan di titik-titik pusat keramaian. Tentu saja ini merupakan inspirasi bagi seluruh perusahaan lain jika ada bentuk dukungan lain kepada kami di Pemerintahan dalam usaha bersama untuk mencegah dan menanggulangi wabah Covid-19 ini di Sumba Timur,” kata Mikael.

Pada saat yang bersamaan hari ini diserahkan juga sebanyak 20 (dua puluh) unit alat cuci tangan portabel ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Madiun oleh perwakilan FT Madiun. Rustam menambahkan, sampai dengan hari ini, Pertamina di wilayah Jatimbalinus sudah menyebarkan 90 (sembilan puluh) unit alat cuci tangan portabel kepada masyarakat di sekitar sarfas distribusi Pertamina. “Harapan kami, dengan semakin banyak tersedia alatnya, kesadaran masyarakat akan pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), utamanya membiasakan cuci tangan dalam aktivitas sehari-hari bisa kembali digalakkan,” tutup Rustam.

Seperti diketahui, penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) sudah terjadi di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Waingapu dan Madiun. Pertamina turut menggalakkan PHBS melalui program Pertamina Peduli Penanggulangan Covid-19, sebagai wujud rasa kepedulian dan tanggung jawab sosial kepada masyarakat dan bakti BUMN untuk Indonesia. [rea/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar