Advertorial

Sidoarjo Pelopor Gebyar UKS/M Pondok Pesantren di Indonesia

Sidoarjo (beritajatim.com) – Sehat dimulai dari “saya” seru siswa-siswi dan para santri yang menjadi peserta Gebyar UKS/M Pondok Pesantren Kabupaten Sidoarjo 2019 di Era Milenial Menuju Indonesia Sehat di Alun-alun Sidoarjo Kamis (18/7/2019).

H. Ahmad Zaini selaku pembina UKS Daerah Sidoarjo menyampaikan Era Milenial ini merupakan era yang memiliki tantangan yang berat di berbagai aspek kehidupan.

Terutama persoalan masa depan anak bangsa yang menjadi unjung tombak generasi mendatang, untuk itu pemerintah Kabupaten Sidoarjo bersama Tim Pembina UKS dan para stake holder.

Pemkab Sidoarjo terus berupaya meningkatkan kemampuan hidup siswa dan santri guna mencapai derajat kesehatan serta lingkungan yang bersih dan sehat.

“Pembinaan atau pengembangan UKS madrasah di setiap sekolah/madrasah dan pondok pesantren telah dilakukan,” katanya.

Dia menambahkan, berbagai upaya telah dilakukan untuk mewujudkan generasi yang berperilaku hidup sehat bugar, cerdas, berbudi luhur serta peduli kepada lingkungan.

“Karena ini bisa meningkatkan potensi siswa dan santri untuk berkreasi dan berekspresi, agar kelak menjadi generasi emas dan berkualitan di era Milenial,” tambahnya.

Kurang lebih 1000 peserta memeriahkan kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH, MHum tersebut.

Bupati Sidoarjo H. Saiful llah menyampaikan dengan pembinaan dan pengembangan UKS/M pondok pesantren di setiap sekolah telah dilakukan Kabupaten Sidoarjo.

Hal ini merupakan upaya dalam mewujudkan generasi muda yang berperilaku hidup sehat, baik fisik maupun moral. Kelak pastinya akan terbentuk siswa dan santri sehat cerdas bugar serta berbudi luhur.

“Dalam meningkatkan taraf hidup bersih dan sehat serta berkualitas, diperlukan informasi dan publikasi kepada masyarakat luas, terutama kepada para siswa maupun santri,” imbuh orang nomor 1 di Sidoarjo.

Bupati juga mengemukakan, bahwa UKS/M pondok pesantren adalah wadah dalam program meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan sedini mungkin. Mulai dari TK/RA sampai jenjang yang lebih tinggi serta masyarakat dan pondok pesantren.

Serangkaian kegiatan Gebyar UKS/M, sebelumnya, Rabu (17/7/2019) berlangsung lomba masak para santri, yang diikuti oleh 26 tim. Diantaranya dari kalangan PKK, pondok pesantren dan SD kader UKS di Kab Sidoarjo serta bazar.

Selain menampilkan berbagai atraksi para siswa/siswi dan santri yang ada di Kabupaten Sidoarjo, dilakukan penandatangan MoU dukungan UKS/M pondok pesantren oleh forum Forkompinda bersama stake holder.

Dan sebagai penutup kegiatan seluruh peserta dan undangan mengikuti senam UKS bersama. [adv/isa]

Apa Reaksi Anda?

Komentar