Advertorial

Peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-75 Tahun 2020

Semangat Nawa Bhakti Satya untuk Jawa Timur Maju

Mojokerto (beritajatim.com) – Memperingati Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-75, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur tetap semangat untuk selalu menjadi yang terdepan, religius, sejahtera lahir batin melalui 9 bhakti bagi Jawa Timur.

Yakni Jatim Sejahtera, Jatim Kerja, Jatim Cerdas dan Sehat, Jatim Akses, Jatim Berkah, Jatim Agro, Jatim Berdaya, Jatim Amanah, dan Jatim Harmoni. Amanat tersebut selanjutnya dibacakan kembali oleh Pjs Bupati Mojokerto Himawan Estu Bagijo, saat memimpin upacara Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-75, di halaman kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto.

“Meski dalam pandemi Covid-19, kita harus tetap semangat membangun Jawa Timur. Ini sesuai dengan tema Hari Jadi Jawa Timur ke-75 yakni “Semangat Nawa Bhakti Satya untuk Jawa Timur Maju” yang harus kita junjung,” kata Pjs Bupati Mojokerto, Himawan Estu Bagijo, Senin (12/10/2020)

Selain itu, pada amanat tersebut juga terdapat amanat untuk mesukseskan empat hal penting. Pertama, menyukseskan proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang berlangsung secara serentak di 19 Kabupaten di seluruh Jawa Timur. Kedua, ASN harus lebih total dalam bekerja dalam kerangka good governance and efficient bahkan productive government, pemerintahan yang baik, efisien dan produktif di masa pendemi.

Ketiga, konsistensi dan kesiapsiagaan penuh dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19. Keempat, selalu menjaga Jawa Timur tetap aman dan kondusif. Pada upacara ini, diserahkan penghargaan Lomba Sinergitas Kecamatan Tahun 2020, atas laporan kinerja kecamatan tahun 2019.

Adapun kecamatan peraih penghargaan antara lain Kecamatan Puri dengan nilai 93,75 sebagai juara I, Kecamatan Gedeg dengan nilai 85,25 sebagai juara II, dan Kecamatan Trowulan dengan nilai 80,25 sebagai juara III. Penghargaan yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Bupati Mojokerto Nomor 188.45/362/HK/416-012/2020, diserahkan langsung oleh Pjs Bupati Mojokerto Himawan Estu Bagijo pada masing-masing camat.

Pada Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-75 kali ini juga, Pemerintah Kabupaten Mojokerto sekaligus berhasil menorehkan penghargaan tingkat provinsi. Yakni terpilih sebagai Terbaik I (Juara I) lomba Bumdes se-Jawa Timur, atas Bumdes Ketapanrame Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas.

Penghargaan diserahkan oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada hari yang sama. Penilaian lomba didasarkan pada hasil uji lapang yang meliputi enam aspek. Antara lain kelembagaan, pengelolaan usaha, keuangan, dampak, kemitraan, serta aspek pembinaan, pengawasan, dan pertanggungjawaban. [tin/adv]

 





Apa Reaksi Anda?

Komentar