Advertorial

Porong, Dulu Bencana Lumpur Kini Harapan Baru

Sidoarjo (beritajatim.com) – Masih jelas di ingatan kita, tragedi semburan lumpur porong, Kabupaten Sidoarjo, 15 tahun lalu. Tak tanggung-tanggung, 16.000 warga harus dievakuasi kala itu, akibat tempat tinggalnya terdampak semburan lumpur.

Seiring berjalannya waktu, kepanikan tak lagi terasa di area semburan lumpur. Malah, kini berbagai jenis UMKM dari warung kopi, jasa parker untuk wisata tanggul, hingga kolam pemancingan, banyak dijumpai di sekitar tanggul.

Tak hanya UMKM, pemukiman dan perumahan-perumahan baru pun turut muncul, Salah satunya di area jalur lingkar timur sudah bermunculan dan sangat aktif secara ekonomi seperti pergudangan, industri dan bahkan perumahan pun cukup banyak bermunculan dan tidak terasa lagi dampak dari lumpur lapindo. Demikian pula di area yang akan di bangun di sekitar jalur lingkar barat oleh pemerintah kabupaten sidoarjo salahnya adalah Shoji Land

Menyongsong akan dibangunnya Jalan Lingkar Barat oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Salah satunya adalah Shoji Land. Perumahan bergaya Jepang, yang membuka perumahannya di Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo.

“Pemerintah Kabupaten sudah menanggulangi Lumpur Lapindo dengan cukup baik, sehingga semburan sudah tidak lagi meluas,” Kata Eddy Tjawinoto, Direktur Operasional Shoji Land.

Senada dengan pendapat Eddy, sektor perbankan juga melihat semburan lumpur yang ada, tidak lagi menjadi ancaman bagi hunian-hunian di Kabupaten Sidoarjo. Bahkan, Shoji Land sudah menjalin kerjasama KPR dengan 7 bank berbeda. “ ya dilihat saja, bank mana mau jalin kerja sama, kalau perumahan kami beresiko. Apalagi kami tidak hanya bekerja sama dengan 1, tapi ada 7 bank,” imbuh Eddy.

Dalam jangka menengah hingga panjang, lumpur yang ditakuti warga itu malah berpotensi meramaikan ekonomi Jawa Timur dengan kandungan tanah jarangnya rare earth yang digunakan sebagai komponen mobil listrik. Seperti yang dijelaskan oleh Kementrian ESDM, Januari lalu.

Kini, semburan lumpur tersebut menjadi kesempatan-kesempatan baru bagi mereka yang tinggal di area sekitar.[rea]



Apa Reaksi Anda?

Komentar